Beranda » Internet » Software »

Visualisasi Website 3D dengan WebGL Ala Firefox

Teknologi WebGL telah banyak digunakan pengembang software yang memungkinkan aplikasi web memiliki akses lebih baik pada hardware kartu grafis sebuah PC. Saat ini, pemanfaatan dari WebGL masih dalam percobaan dan lebih sekedar kepada demo-demo aplikasi web 3D.

Mozilla Firefox membuat gebrakan dengan menjadikan WebGL sebagai fitur standar dalam browser mereka. Memanfaatkan API dari Javascript, idenya mereka membuat aplikasi web developer yang dapat menampilkan struktur website dalam bentuk 3D, ketimbang struktur HTML biasa.

Tampilan 3D didasarkan pada multi-layer model yang muncul tinggi atau rendah pada suatu situs, tergantung kedalaman kode HTML-nya. Fitur ini tentunya memberikan perspektif lain dalam menginspeksi sebuah kode halaman website bagi para perancang dan pengembang halaman web.

Fasilitas 3D ini hanya bisa dilakukan jika VGA card Anda mendukung WebGL dan hanya untuk versi Firefox 11 ke atas. Untuk lebih jelasnya seperti apa, Anda dapat melihat demonya dari video Youtube berikut:

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube