Beranda » FOSS »

Ubuntu Menghentikan Sokongan Dana untuk Proyek Kubuntu

Berita duka bagi para pengembang Kubuntu, Canonical sebagai perusahaan yang menyokong Ubuntu menghentikan dukungan terhadap projek Kubuntu (desktop KDE berbasis QT). Penghentian dukungan tersebut akan dimulai pada rilis 12.10, setelah rilis LTS 12.04 (long term support) pada April nanti.

kubuntu-desktop

Pemimpin proyek pengembangan Kubuntu, Jonathan Riddell, mengatakan bahwa Canonical ingin memperlakukan Kubuntu sama dengan komunitas lainnya, seperti Edubuntu, Lubuntu, dan Xubuntu. Dengan demikian, KDE tidak lagi bernaung di bawah Canonical, melainkan menjadi proyek komunitas.

Canonical tampaknya ingin fokus dengan proyek Unity dan membangun brand Ubuntu lebih luas. Hal ini tampak dengan ekspansi Ubuntu pada berbagai perangkat tablet, gadget moderen, dan TV digital. Sementara itu, Kubuntu yang berfokus pada platform PC dinilai pasarannya terlalu kecil.

Penghentian dukungan dana ini bukan berarti akan membuat proyek Kubuntu berhenti. Sebaliknya, Kubuntu akan lebih cerah dengan dukungan komunitas dan keterbukaan tanpa limitasi dari perusahaan. Richard Johnson mengatakan bahwa ia akan terus melanjutkan proyek Kubuntu.

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube