Beranda » Biz-Startup »

Tetap Produktif Ketika Bepergian

work at travelSudah baca tulisan dari kami mengenai bekerja dari jauh? Yap, kerja tidak selalu di kantor atau di ruang studio, Anda bahkan tetap dapat bekerja di dalam kendaraan atau di ruang tunggu bandara. Kini zaman berubah, karena manusia makin dinamis pergerakannya seiring meningkatnya aktivitas.

Jika Anda harus bepergian, namun Anda tetap dalam kondisi ingin produktif, maka Anda harus memperhatikan beberapa tips dari kami berikut ini. Tips ini tentunya harus Anda catat, terutama bagi Anda yang ingin pergi mudik menjelang lebaran tahun ini.

  1. Terhubung ke Internet
    Manfaatkan akses WiFi di tempat-tempat umum, seperti di ruang tunggu bandara atau cafe terdekat. Jika Anda harus menunggu satu atau dua jam lebih, waktu ini jangan Anda lewatkan. Jika Anda tidak menemukan akses WiFi di manapun, ini waktunya Anda memanfaatkan smartphone Anda sebagai perangkat tethering. Yakni menjadikan smartphone Anda sebagai akses WiFi sendiri. Yang perlu diperhatikan adalah koneksi langganan yang Anda miliki dan ketersediaan baterai cadangan, karena aktivitas tethering sangat menguras baterai.
  2. Riset Lokasi
    Ada baiknya Anda melakukan riset mengenai lokasi tujuan serta daerah-daerah yang akan Anda lalui. Perhatikan tempat singgah yang tepat dan provider GSM yang aksesibel di daerah tersebut.
  3. Power Cadangan
    Bepergian berarti Anda jauh dari stop kontak. Siapkan power bank yang memadai untuk menemani perjalanan Anda. Jika smartphone Anda menggunakan baterai portable (dapat dilepas), siapkan pula baterai cadangan yang sudah terisi penuh.
  4. Perencanaan
    Jika berbagai poin di atas sudah terpenuhi namun Anda tidak memiliki perencanaan, maka produktivitas akan percuma. Pastikan Anda memiliki beberapa perencanaan mengenai aktivitas yang akan Anda lakukan sebelum bepergian. Siapkan pula catatan di PC atau smartphone Anda, semacam daftar to do list.
  5. Manfaatkan Infrastruktur Cloud
    Beberapa layanan dapat dimanfaatkan untuk bekerja secara kolaborasi, seperti Google Docs dan layanan file sharing dari Dropbox. Manfaatkan fitur read later atau watch later (Youtube). Gunakan fasilitas bookmark pada browser Anda untuk menyimpan catatan penting dari situs.

(image credits to baguete.com.br)

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube