Beranda » Hardware » Sci-Tech »

Teknologi Laser Baru Memungkinkan Kapasitas Penyimpanan DVD Hingga 1 Petabita

Teknologi terus berkembang, dan perangkat yang tidak dapat mengadopsi perkembangan zaman akan ditinggalkan. Dulu kita mengenal floppy disk dengan kapasitas di kisaran megabita.

Teknologi terus berkembang hingga muncullah perangkat flashdisk yang dapat menyimpan data hingga puluhan gigabita. Kini perangkat disket floppy sudah tidak digunakan lagi karena selain dibatasi oleh kapasitas, ternyata ia juga rentan rusak.

Teknologi format film juga mengalami pergeseran, mulanya dari format optik dan kini menjadi digital. Perangkat CD/DVD dinilai mulai ketinggalan untuk mengadopsi format high definition (HD) terbaru.

Kini, hanya format optik Blu-ray yang masih dipandang mampu untuk menjadi media baru format penyimpanan film berkualitas tinggi. Blu-ray sendiri memiliki kapasitas penyimpanan hingga 25 gigabita, dan sayangnya masih membutuhkan pemutar tersendiri yang harganya cukup mahal.

DVD

Namun, sepertinya hal tersebut harus ditinjau ulang karena baru-baru ini ilmuwan berhasil menemukan teknologi laser yang memungkinkan kapasitas format DVD dapat mencapai 1 petabita (1000 terabita). Sebelumnya, sebuah layer DVD hanya mampu menyimpan data hingga 4.7 gigabita. Teknologi ini memungkinkan format DVD bernafas lebih lama karena mampu mengatasi kelemahan berbagai media penyimpanan lain.

Tim ilmuwan tersebut berasal dari Pusat Kajian Micro-Fotonik Universitas Swinburne yang berhasil mengembangkan teknologi laser baru tersebut. Teknologi tersebut mengganti cara laser dalam membaca data dalam disk tanpa perlu menambah ukuran diameter dari disk DVD. Penemuan ini sekaligus mengatasi kelemahan dari teori Hukum Abbe tentang bagaimana laser menulis data ke dalam piringan DVD.

Bacaan lebih lanjut:
http://www.extremetech.com/computing/159245-new-optical-laser-can-increase-dvd-storage-up-to-one-petabyte

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube