Beranda » Hardware »

Teknologi Konektor USB Baru dapat Dipasang Bolak-balik

Pastinya Anda sering mengalami kesulitan ketika memasang perangkat slot USB, semisal flashdisk atau kabel data, ke laptop atau PC. Ini karena bentuknya berupa kotak pipih yang tidak memiliki petunjuk sisi arah. Asumsinya, kalau tidak masuk slot seperti terhalang, berarti kita harus memutarnya.

Hal ini tentunya menjadi perhatian dari konsorsium pendukung teknologi USB. Banyaknya keluhan mengenai konektor tersebut memutuskan mereka membuat tipe baru konektor USB yang dapat dipasang secara bolak-balik.

Rancangan desain telah diresmikan dan standar penggunaan sudah ditentukan oleh konsorsium. Ukurannya sebesar konektor micro USB yang selama ini kita kenal pada perangkat smartphone atau tablet, namun berbentuk oval. Bagian dalam konektor terdiri dari 18 Pin dan sudah mendukung teknologi USB 3.1 untuk transfer data lebih cepat.

USB

Perusahaan OEM juga telah dipersilakan untuk mengaplikasikan teknologi ini di berbagai perangkat yang mereka buat. Dipastikan Akan banyak perangkat desktop dan mobile yang akan menerapkan teknologi ini tahun 2015 mendatang. Anda tentunya juga membutuhkan adapter untuk kompatibilitas dengan perangkat USB seri lama.

Dokumen keputusan konsorsium promotor USB:
http://www.usb.org/press/USB_Type-C_Specification_Announcement_Final.pdf

Bacaan lanjutan:
http://www.businesswire.com/news/home/20140812005269/en/USB-3.0-Promoter-Group-Announces-USB-Type-C

Tags:

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube