Beranda » Internet » WebDev »

Sudah Siapkah Website Anda untuk Perangkat Mobile?

Berdasarkan laporan Gartner, pada 2013 mendatang platform mobile akan menggeser PC desktop sebagai perangkat yang digunakan untuk mengakses internet terbanyak.

Hal ini memang masuk akal. Penetrasi tablet dan ponsel cerdas membuat para pencipta browser ramai-ramai membuat software versi mobile untuk memanjakan para penggunanya.

Opera Mini sebagai pemain lama sudah merambah wilayah browser mobile terus mengembangkan fiturnya. Baru-baru ini mereka menyatakan telah mendukung hardware retina display dari iPhone 5 dan New iPad. Browser bawaan Android juga patut diperhatikan karena mereka merupakan browser yang terbanyak digunakan untuk platform mobile. Ini semua berkat penetrasi OS Android.

mobile website

Tidak hanya browser, tren penggunaan tablet dan smartphone juga membuat content di internet berubah. Sebuah survey dari Compuware menunjukkan bahwa 40% pengunjung suatu website berpaling ke website lain (kompetitor) dikarenakan pengalaman buruk ketika mengakses situs lewat perangkat mobile.

Jelas hal ini menunjukkan bahwa memiliki website versi mobile merupakan suatu keharusan. Anda tentunya tidak mau pengunjung situs Anda beralih ke kompetitor karena pengalaman buruk. Namun herannya, di tahun 2011 baru sekitar 21% perusahaan membuat website versi mobile.

Jika Anda seorang web developer, tampaknya Anda juga harus memperhatikan bagaimana perkembangan website berbasis mobile. Teknik responsive web design (design web yang mengikuti layar yang digunakan oleh pengunjung) menjadi keharusan untuk website sekarang, selain juga memanfaatkan modernitas HTML5 dan CSS3.

Google memberikan parameter website mobile yang baik seperti apa. Berikut ini rincian yang berhasil kami rangkum dari situs Ready to Go Mo (www.howtogomo.com) mengenai kriteria website versi mobile yang baik seperti apa.

  1. Sistem navigasi harus terlihat jelas di layar kecil.
  2. Teks terbaca mudah tanpa harus men-scroll ke kiri kanan.
  3. Font tidak terlalu kecil ketika ditampilkan.
  4. Ada kolom pencarian untuk memudahkan pengunjung menelusuri content web.
  5. Tautan nyaman diklik menggunakan jempol

Untuk menguji apakah situs Anda sudah siap ditayangkan pada perangkat mobile, Google memberikan alat online untuk mengecek hal tersebut. Bagi Anda yang ingin mengetes apakah website Anda sudah siap untuk perangkat mobile, Anda dapat kunjungi tautan berikut:

http://www.howtogomo.com/en/d/test-your-site/#gomo-meter

Satu tanggapan

  1. riza kurniawan says:

    Boz, gmn cara pasang iklan banner?
    Riza, 0857 4194 1815

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube