Beranda » FOSS »

Resmi Dirilis, Ubuntu Jangka Panjang 12.04

Tanggal 26 April kemarin merupakan tanggal dirilisnya distro linux terkenal, Ubuntu 12.04 LTS. Embel-embel LTS di belakangnya berarti Long Term Support (dukungan jangka panjang). Ini berarti, sistem operasi ini akan didukung hingga 3-5 tahun ke depan (3 destop, 5 server). Pada edisi kali ini juga sudah diperkenalkan interface desktop masa depan ala Ubuntu, yaitu Ubuntu HUD.

ubuntu HUD

LTS memang berlaku bagi distro Ubuntu saja, mengingat perputaran rilis seri ubuntu biasanya hanya dipelihara hingga 1,5 tahun. Sebagai perbandingan, Windows XP telah berusia 10 tahun lebih, dan dukungannya versi extended baru berakhir 2014 mendatang. Edisi LTS kali ini diberi kode nama Precise Pangolin.

Seri LTS kali ini masih mengusung interface unity, namun dengan perbaikan dan penyempurnaan di sana-sini. Aplikasi Ubuntu One masih tersedia, dengan browser klasik Firefox dan aplikasi perkantoran LibreOffice. Rythmbox menggantikan banshee sebagai pemutar suara.

pangolin maskot

Untuk mencobanya, Anda bisa melakukan instalasi dual boot, atau sekedar bermain-main dengan mencobanya melalui live CD Ubuntu. Untuk latihan instalasi dan mempartisi harddisk, Anda bisa mencoba menginstall software mesin virtual untuk mensimulasikan hardware PC di dalam komputer.

CD image Ubuntu tersedia dalam arsitektur mesin 32bit dan 64bit. Anda dapat mendownload image CD Ubuntu di alamat berikut:
http://www.ubuntu.com/download

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube