Beranda » Hardware »

Tembus Kecepatan Chipset Hingga 1Thz, DARPA Raih Guinness World Record

Divisi penelitian dan pengembangan militer Amerika Serikat, DARPA, baru-baru ini mendapat penghargaan dari Guinness World Record atas karyanya yang berhasil menciptakan chip komputer berkecepatan 1 terahertz (atau 1000 gigahertz). Chip DARPA ini dengan mudah dapat mengalahkan pemegang rekor chip sebelumnya yang hanya mampu menangani kecepatan hingga 850GHz saja.

Yang perlu diperhatikan adalah, chip ini bukan perangkat CPU secara utuh yang selama ini kita kenal pada PC. Chip ini pada hakikatnya merupakan amplifier untuk radio berkecepatan 1Thz karena belum memiliki instruksi prosesor standar pada umumnya, seperti floating point unit dan sebagainya.

Dalam penggunaannya, chip dengan kecepatan terahertz dapat digunakan untuk berbagai hal menarik, mulai dari penciptaan perangkat gadget yang mampu mengelola aliran pusat data dan menampilkannya, alat pemindai keamanan, radar super sensitif, hingga jaringan nirkabel ultra cepat yang memiliki kecepatan melebihi standar WiFi 2.4 and 5GHz.

Bacaan lebih lanjut:

DARPA creates first 1THz computer chip, earns Guinness World Record

Tags:

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube