Beranda » Gadget » Hardware »

Project Meego Nokia Dilanjutkan Developer Lain

Meego merupakan proyek gabungan Nokia dan Intel untuk mengembangkan sistem operasi mobile baru yang memanfaatkan kernel Linux sebagai backbone-nya. Sayangnya proyek ini terkatung-katung hingga terhenti di tengah jalan, walau sempat handset Nokia N9 berbasis Meego keluar di pasaran.

Nokia memutuskan untuk menggunakan sistem operasi dari Microsoft, yakni Windows Phone. Intel sendiri lebih tertarik untuk menggarap Tizen bersama Linux dan LiMo Foundation. Dengan demikian, Meego tampaknya semakin terus tertinggal di belakang, di-maintain oleh komunitas sebagai proyek hobi.

nokia n9 meego

Tapi sepertinya ada kabar baik bagi Meego. Perusahaan startup asal Finlandia, Jolla, berinisiatif bekerjasama dengan pemgembang Meego untuk membuat ponsel pintar berbasis OS tersebut. Hebatnya lagi, orang-orang di belakang Jolla dulunya merupakan pengembang di proyek kolaborasi Meego dan Nokia.

Pihak Jolla tidak akan memanfaatkan infrastruktur Nokia atau mengembangkan Nokia N9 yang telah dirilis di pasaran. Hal ini sebagaimana terpapar langsung dalam Akun Twitter Jolla berikut.

 

Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat membacanya di alamat berikut:
http://www.theverge.com/2012/7/7/3143099/jolla-meego-startup-ex-nokia-employees

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube