Beranda » People »

People: Steve Jobs

steve-jobsSteven Paul Jobs atau lebih dikenal sebagai Steve Jobs lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat. Ia lahir dari pasangan Abdulfattah Jandali dan Joanne Simpson pada tanggal 24 Febuari 1955. Sejak bayi ia diadopsi oleh Paul dan Clara Jobs dari Mountain View, Santa Clara County California. Orang tua angkat Jobs yang memberi nama Steven Paul Jobs sebagaimana dikenal sekarang ini.

Steve melewati masa SMP dan SMU di Curpetino, Califonia. Ia mengajar di Hewlett Packard Company Palo Alto, California. Setelah itu, ia dan temannya, Steve Wozniak, langsung diterima menjadi pekerja paruh waktu di perusahaan tersebut. Steve Jobs lulus SMA Homestead di Cupertino pada tahun 1972. Lulus SMA , Steve Jobs melanjutkan kuliah di Reed College, Portland, Oregon. Hanya bertahan selama 1 semester, Jobs dikeluarkan. Akhirnya pada musim gugur 1974, Jobs kembali ke California dan memulai reuni kembali bersama Steve Wozniak. Dia dan Wozniak bersama bekerja di Atari Inc., dengan jabatan sebagai perancang permainan.

Motivasi Steve Jobs bekerja pada saat itu adalah mengumpulkan uang untuk perjalanan spiritual ke India. Impiannya pun terwujud dan ia melakukan perjalanan spiritual bersama Daniel Kottke, teman kuliahnya di Reed College. Di kemudian hari, Daniel Kottke menjadi pegawai Apple pertama. Kembali dari India, Steve Jobs menjadi seorang Buddhist dan mencukur rambutnya serta mengenakan pakaian tradisional India. Selama masa ini, ia mempraktekkan meditasi dan sering sering dianggap aneh karena kebiasaannya berjalan telanjang kaki di atas salju.

Tahun 1976, Jobs (21) dan Wozniak (26) mendirikan Apple Computer di garasi milik keluarga Jobs. Komputer buatan pribadi yang diperkenalkan Jobs dan Wozniak diberi name Apple I dan dijual seharga $666.66. Tahun berikutnya, Jobs dan Wozniak meluncurkan Apple II yang sukses besar di pasaran. Tahun 1980, Apple Computer mendaftarkan namanya di bursa efek dan saham yang ditawarkan sukses. Tahun itu juga, Apple Computer merilis Apple III, walaupun tidak sesukses versi kedua.

Banyak yang menganggap Steve Jobs sebagai pemimpin yang gampang berubah pikiran dan emosian. Di tahun 1985, Sculley memberhentikan Jobs dari jabatannya dan mengusirnya dari Apple. Keluar dari Apple, Jobs mendirikan sebuah perusahaan komputer yang diberi nama NeXT Computer. NeXT tergolong sangat maju dalam hal teknologi, tetapi tidak pernah menjadi terkenal, kecuali di lingkup riset sains.

Di tahun 1996, Apple membeli NeXT seharga $402 juta dan membawa Jobs kembali ke perusahaan yang ia dirikan. Di tahun 1997 ia menjadi pemimpin sementara di Apple setelah kepergian Gil Amelio. Pada masa kepemimpinannya ini, Apple banyak menerapkan teknologi NeXT dalam produk Apple, terutama NeXTSTEP yang kini menjadi cikal bakal Mac OS X.

Jobs juga meningkatkan penjualannya setelah memperkenalkan iMac. iMac merupakan komputer pertama yang dijual dengan mengutamakan penampilannya (walaupun iMac juga banyak menggunakan teknologi maju di dalamnya). Sejak saat itu, penampilan yang menarik dan merek yang terkenal telah memberikan keuntungan bagi Apple. Apple kembali mengembangkan sayapnya dengan memperkenalkan iPod, iTunes, dan iTunes Music Store. Apple dikenal melakukan gebrakan di bidang peralatan elektronik pribadi dan musik online.

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube