Beranda » People »

People: Richard Stallman

stallmanRichard Matthew Stallman, lebih dikenal dengan nama Richard Stallman atau RMS. Ia lahir dari pasangan Daniel Stallman dan Alice Lippman pada 16 Maret 1953 di New York, Amerika Serikat. Ia adalah salah seorang aktifis Free Software yang juga seorang programer.

Pengalaman formal hidupnya pertama kali dengan komputer adalah masa SMA di IBM New York Scientific Center. Di perkuliahan, ia adalah mahasiswa Harvard University yang dikenal kuat di matematika. Ia menjadi programer di labolatorium MIT Artificial Intelligence dan mengikuti komunitas hacker dengan ID ‘rms’. Stallman lulus dari Harvard dengan predikat magna cum laude di jurusan Fisika tahun 1974.

Perjalanan besar hidupnya bermula pada September 1983, ketika ia meluncurkan proyek GNU untuk menciptakan sistem seperti Unix yang bebas. Software dari GNU biasanya dipadukan dengan kernel Linux dari Linux Torvalds sehingga menjadi distro Linux. Dua tahun kemudian, pada Oktober 1985 ia meluncurkan Free Software Foundation yang menaungi proyek-proyek dari software GNU.

Konsep “free software” software yang diusung oleh Stallman adalah persoalan kebebasan, bukan harga (walau gratis adalah dampak tidak langsungnya). Kebebasan di sini berarti penggunanya bisa bebas menjalankan, menyalin, mendistribusikan, mempelajari, mengganti, dan meningkatkan softwarenya.

Hingga kini, lisensi GPL telah menjadi fondasi bagi software berbasis komunitas. Banyak software yang menggunakan lisensi GPL seperti platform website WordPress, FTP file manajer Filezilla, pemutar multimedia VLC, dan aplikasi perkantoran LibreOffice (dulu OpenOffice).

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube