Beranda » Hardware »

Peneliti Jerman Bongkar Proteksi Blu-Ray dengan Hardware Murah

Proteksi Blu-Ray digadang-gadang akan menjadi fondasi industri music dan film berbasis disc. Proteksi ini menggunakan teknologi perlindungan High-Bandwidth digital dari Intel untuk melindungi jalur HD agar tidak bisa disalin (digandakan).

Tapi, memang tidak ada yang tidak memiliki kelemahan di dunia ini. Para peneliti perlindungan hardware dari Germany’s Ruhr University of Bochum (RUB) berhasil membobol proteksi blu-ray dengan perangkat keras khusus berharga murah seharga $267.

FPGA

Proses dekripsi, peneliti menggunakan teknik penyerangan man-in-the-middle (MITM) memanfaatkan papan sirkuit FPGA yang dapat memanipulasi komunikasi antara perangkat pemutar blu-ray dan HDTV tanpa terdeteksi.

Penelitian ini memang tidak dimaksudkan untuk membajak. Riset yang dilakukan semata untuk menganalisis celah keamanan dari proteksi blu-ray. Semacam tes penetrasi, untuk mengetahui kelemahan yang ada pada sebuah sistem. Hasilnya, mereka memang menemukan celah.

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube