Beranda » Oto-Tech » Sci-Tech »

Parkir Ramah Lingkungan Ala Jepang

Orang Jepang memang dikenal kreatif dan pintar dalam menyiasati tantangan. Mereka punya prinsip-prinsip yang membuat mereka mampu bangkit dari kegagalan dan cobaan yang menerpa mereka.

Konon katanya semangat orang Jepang disebabkan oleh peristiwa dibomnya kota Nagasaki dan Hiroshima oleh Amerika menggunakan bom atom (satu-satunya nuklir yang benar-benar diledakkan dalam pertarungan sesungguhnya sampai saat ini).

Anda tentunya tahu struktur geografis wilayah Jepang. Letaknya yang berada di daerah vulkanik menyebabkan peristiwa gempa sering terjadi. Keadaan tersebut justru mampu diatasi oleh Jepang dengan menciptakan berbagai teknik bangunan tahan gempa dan sudah dimanfaatkan oleh negara-negara lain. Baru-baru ini, mereka mampu mengatasi lagi keterbatasan sumber daya di negara mereka, yaitu sempitnya lahan tanah.

eco cycle

Demografis vulkanik menyebabkan banyak air terjun di Jepang, sehingga sulit sekali menemukan lahan kosong yang bidang. Peruntukan untuk parkir kendaraan tentunya sangat sayang dan mubazir, karena lebih baik dialokasikan untuk gedung bertingkat tempat tinggal dan perkantoran. Namun, baru-baru ini Jepang menciptakan Eco Cycle yang digunakan untuk mengelola parkir sepeda milik masyarakat umum.

Satu unit Eco Cycle mampu menampung 204 sepeda di bawah tanah sedalam 11 meter. Hebatnya, penyusunan sepeda tidak menggunakan sistem basement, tapi menggunakan mesin berputar yang menyusun sepeda dalam rak-rak khusus. Pengguna tinggal menggesekkan saja kartu member dan memasukkan sepeda ke dalam portal Eco Cycle, selanjutnya mesin akan bekerja menata sepeda ke dalam rak-rak di dalam tanah. Anda dapat melihat video berikut untuk melihat bagaimana Eco Cycle beraksi.

Dari atas, Eco Cycle hanya seperti stasiun biasa seluas 3 x 2 meter, sehingga sangat menghemat areal lahan. Kelebihan lainnya adalah keamanan dan kenyamanan dari kendaraan Anda karena penyimpanan bawah tanah. Teknologi ini tentunya dapat dikembangkan untuk hal lain, seperti motor di Indonesia yang jumlahnya sangat banyak. Bagaimana pendapat Anda mengenai teknologi Jepang yang satu ini?

Bacaan lebih lanjut:
http://laughingsquid.com/eco-cycle-robotic-underground-bicycle-storage-systems-in-japan/

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube