Beranda » Gadget » Software »

Mozilla Kerjasama dengan LG Mencoba Melawan Apple dan Google

Pada kongres mobile dunia, Mobile World Congress (MWC), yang akan berlangsung selama tiga hari seminggu ke depan, Mozilla akhirnya akan mengumumkan rilis resmi dari Mozilla Marketplace yang memungkinkan para pengembang men-submit aplikasi teknologi web terbuka mereka (HTML5, JavaScript, CSS). Memang langkah ini dapat dikatakan mengikuti jejak Google Chrome dengan Google Market-nya.

Boot to Gecko, apps

Mozilla Marketplace akan menjadi tools penting bagi software Mozilla untuk platform ponsel cerdas dan tablet. Sebagaimana kita ketahui bersama, Mozilla sedang mengembangkan Boot to Gecko (B2G), sistem operasi dengan engine Gecko yang diperuntukkan bagi tablet dan ponsel cerdas. Pengguna B2G dapat mendownload berbagai software dari Mozilla Marketplace.

Boot to Gecko, dialerTidak hanya itu, dari sumber terpercaya pada event MWC, Mozilla mengumumkan bahwa mereka telah bekerja sama dengan LG untuk membuat pengembangan software yang berorientasi pada device mobile.

Memang belum ada info harga dan spesifikasi device yang diusung oleh Mozilla dan LG. Teknologi B2G sendiri terbilang masih sangat baru dan kemungkinan baru bisa keluar pertengahan tahun ini.

Tidak hanya dengan LG, Brendan Eich, pencipta JavaScript dan kepala kantor teknologi Mozilla mengatakan bahwa akan ada banyak partner dan plural di MWC. B2G akan memungkinkan para penyedia handset smartphone dan tablet memiliki sistem operasi yang lebih terbuka.

Sebagaimana kita ketahui bersama, Apple dan Google telah sekian lama mengatur bagaimana penyedia handset mengikuti alur mereka. Dengan B2G, vendor akan memiliki opsi lain dengan OS terbuka yang membuat mereka memiliki pengembangannya sendiri ketimbang mengikuti alur dari Apple atau Google.

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube