Beranda » Health »

Minnesota Larang Penggunaan Sabun Tangan Antibakteri

Sabun tangan yang selama ini kita kira higienis, ternyata kedepannya akan dilarang penggunannya di Minnesota, sebuah negara bagian dari Amerika Serikat. Pemberlakuan peraturan pelarangan tersebut akan berlaku efektif pada 1 Januari 2017 mendatang.

Dalam zat sabun pembersih tangan, terdapat zat yang umum digunakan untuk membunuh kuman bernama triclosan. Zat ini juga banyak ditemukan pada produk sabun, detergen, deodorant, dan beberapa pasta gigi.

sabun cuci tanganWalau dipandang dapat membunuh kuman, triclosan juga dinilai dapat menyebabkan menurunnya zat alami hormon testosteron dan tiroid dalam tubuh manusia.

Hormon testosteron merupakan zat penting dalam membentuk vitalitas pria, sementara zat tiroid berguna dalam memperbaiki metabolisme sel-sel dalam tubuh. Beberapa penelitian juga menunjukkan adanya korelasi tinggi antara penggunaan zat tryclosan dan penyakit alergi.

Bagaimana pendapat Anda mengenai hal ini? Penggunaan sabun antiseptik tangan sepertinya masih belum begitu masiv di Indonesia. Kebanyakan orang masih mencuci tangan dengan air bersih saja. Contoh paling konkret akan hal ini dapat kita lihat di “kobokan” warung makan pecel ayam-lele setempat 😀 .

Sumber:
http://www.geek.com/science/minnesota-becomes-the-first-state-to-ban-antibacterial-hand-soap-1594414/

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube