Beranda » Sci-Tech »

Mesin Lipat Baju Pertama di Dunia dengan Teknologi Kecerdasan Buatan

Teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sepertinya semakin matang dari tahun ke tahun. Contoh yang paling terbaru adalah /laundroid1, sebuah mesih yang mampu melipat baju Anda secara otomatis.

Pada praktiknya, Anda cukup meletakkan baju Anda ke dalam kotak kabinet seukuran kulkas dua pintu. Selanjutnya, mesin ini akan melakukan tugasnya melipat baju Anda. Ia bahkan dapat menyortir baju berdasarkan tipe dan warna dan meletakkanya pada yang juga terletak pada mesin.

Tapi sayang, butuh waktu antara lima sampai 10 menit untuk melipat satu baju. Waktu yang cukup lama untuk melipat sebuah baju dibanding dengan cara lipat secara umumnya yang dilakukan oleh manusia. Yang jelas, mesin ini akan sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki cacat fisik.

Adalah Seven Dreamers Laboratories, bekerjasama dengan Panasonic dan Daiwa House Industry yang mengembangkan mesin /laundroid1. Mesin akan mendeteksi baju yang dimasukkan menggunakan teknologi pengenalan gambar (image recognition) dipadukan dengan teknologi AI. Total ada lima langkah yang dilakukan oleh mesin ini, yaitu grabbing, spreading, recognizing, folding, dan sorting/Storing.

Tertarik? Pihak Seven Dreamers Laboratories mengatakan bahwa produk ini akan dirilis pada Maret 2017 mendatang. Untuk harganya, rencananya alat ini akan dijual dengan harga di bawah $2000.

Bacaan lebih lanjut:
http://techon.nikkeibp.co.jp/atclen/news_en/15mk/100700880/

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube