Beranda » Art-Design »

Menyunting Foto Tanpa Terkesan Menggunakan Photoshop

Bagi Anda yang doyan me-retouch foto koleksi kesayangan Anda, tentu Anda sering dihadapkan pada hasil akhir gambar yang “terlalu photoshop”, semisal terlalu halus atau tekstur hilang. Untuk mengatasi hal ini, tentunya Anda harus menyimpan file cadangan dan tetap menyimpan format layer gambar (psd). Jangan terburu-buru untuk menyelesaikan penyuntingan tanpa menyiapkan file untuk “undo”.

layer

Berikut ini berbagai tips umum agar pekerjaan Anda memanipulasi gambar tidak mengalami kendala.

  1. Tools burn dan dodge biasa digunakan untuk editan dasar. Perhatikan pula konfigurasi intensitas dari tools tersebut ketika digunakan. Atur exposure agar efek yang diberikan pada gambar terlihat nyata.
  2. Salin layer cadangan dan sembunyikan untuk cadangan kembali ke awal (undo) dari gambar yang Anda sunting. Jangan langsung beri efek kepada gambar, gunakan layer.
  3. Layer memiliki opsi pengaturan kurva gambar, keseimbangan warna, tingkat kecerahan, dan sebagainya. Ada banyak konfigurasi yang bisa Anda gunakan di sini.
  4. Lihat galeri foto dari berbagai fotografer dan ilustrator ternama untuk memperoleh inspirasi penyuntingan. Anda dapat mengunjungi situs Getty Images atau Deviantart untuk melihat berbagai koleksi gambar.
  5. Perhatikan berbagai tutorial photo retouch yang dibagi oleh orang di luar sana, kombinasikan dengan selera Anda. Photoshop adalah masalah kreativitas, bukan teknik belaka.

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube