Beranda » How To » WebDev »

Mengatasi Error Saat Mengupdate WordPress di Localhost dengan XAMPP

Pada saat kita melakukan pembaruan dari dashboard panel situs WordPress selfhost kita, pada hakikatnya kita merequest file dari server WordPress ke server kita (baik itu localhost atau online). Selanjutnya, proses download akan berlangsung untuk menimpa file-file yang akan diupgrade, semisal plugin atau core WordPress.

Pada saat proses pembaruan dari localhost, kita pasti mengalami error “Maximum execution time of 30 seconds exceeded in … (dst)”. Hal tersebut terjadi karena instalasi XAMPP standar (default), memberikan batasan waktu download ke server website kita.

Jika file yang didownload terlalu besar, dan dalam waktu yang ditentukan proses transfer (download update) file belum selesai, maka pesan error tersebut akan muncul (timeout). Selain muncul error di localhost, pesan error ini juga akan muncul di website yang dihost di server Indonesia (IIX). Ini karena keterbatasan bandwidth internasional yang dimiliki oleh server webhosting Indonesia.

wp-timeout

Untuk mengatasi hal tersebut, atur agar koneksi timeout server menjadi lebih lama. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka folder php di directory XAMPP Anda, semisal:
    C:\xampp\php
  2. Cari file bernama php dengan ekstensi *.ini (php.ini)
  3. Buka file tersebut dan cari baris yang memuat tulisan berikut:
    max_execution_time = 30
  4. Ubah menjadi nilai 30 menjadi 600 (jika koneksi internet sangat lambat, Anda bisa menambah lagi nilainya):
    max_execution_time = 600
  5. Terakhir, restart webserver Anda melalui XAMPP Control Panel (pilih stop dan run kembali servis Apache dan MySQL).

Jika Anda sudah melakukannya, proses upgrade di WordPress tentunya akan berjalan lancar, walau agak lambat.

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube