Beranda » Internet »

Mengapa SOPA Berbahaya

SOPA? Apakah ini?
SOPA merupakan kependekan dari Stop Online Piracy Act. Ide dari cukong konglomerat pemilik teknologi yang tidak suka barang-barang mereka dijarah. Mereka berhasil masuk ke ranah politik Amerika dan membuat kongres berpikir untuk menerapkan aturan ini. Implementasinya? begitu terdeteksi bahwa suatu website menyajikan barang “terlarang”, kongres akan memaksa provider internet mematikan akses ke server situs tersebut.

SOPA

Mereka tidak suka dijarah, begitu juga kita. Apakah salah?
Ide UU ini keluar dari cukong penguasa teknologi internet. Biasanya bergerak dengan cara-cara licik untuk membuat dominasi tetap berada di puncak. Bisa dibilang model-model MOU Mendiknas dan Microsoft untuk penggunaan produk-produk Microsoft di bidang pendidikan yang ironisnya disetujui ketika pemerintah sendiri mengeluarkan gerakan IGOS, atau hemat ala pak Beye. sementara ada produk yang gratis dan sama kegunaannya.

Ayolah, jawaban tersebut sangat tendensius!
Oke šŸ˜€ . Pendukung RUU mengatakan bahwa SOPA melindungi properti intelektual. Sebaliknya, proteksi dimaksud dalam UU SOPA sangat abu-abu dan bisa dibilang pasal karet. Ujungnya, gerakan SOPA bisa dibilang sensor internet yang berujung pada diblokirnya Youtube, Wikileaks, dan berbagai situs yang diduga melanggar aturan versi mereka. Tidak ada kebebasan berbicara dan gerakan whistle blower melalui internet.

Bukankah UU ini diterapkan di Amerika, apa ngaruhnya di Indonesia?
SOPA bisa berdampak global karena sebagian besar webserver dan berbagai layanan infrastruktur internet (DNS route, etc) ada di Amerika. Ini berarti, internet di seluruh dunia akan diawasi oleh Amerika. Kita tahu Youtube, Facebook, dan Google berada di Amerika. Jika ada benda-benda terlarang versi SOPA terdeteksi di situs tersebut, ISP akan memblokir akses ke seluruh dunia atas instruksi parlemen US.

Semua orang menyukai barang bajakan, tapi apa salah internet?
Apakah internet bersalah atas barang bajakan yang beredar sehingga harus dipasang filter khusus ala SOPA? Di sini senat Amerika tidak lebih dari anggota DPR Indonesia, bisa dibayar dan diatur sana-sini oleh cukong. Model-model rekaman Anggodo yang bocor ke publik, di mana dia bisa secara mudah mengatur-atur petinggi negara yang katanya berkedaulatan rakyat.

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube