Beranda » How To » WebDev »

Menampilkan Kode HTML di Post WordPress Tanpa Plugin

Bagi Anda yang gemar menampilkan tulisan yang banyak menyajikan coding, tentunya Anda tidak bisa menulis kode tersebut di post dengan cara biasa. Memang editor WordPress menyediakan tag code untuk memfasilitasi hal tersebut, namun untuk kode HTML editor WordPress tidak bisa menampilkannya.

Bagi pengguna WordPress self hosted, biasanya Anda dapat langsung menggunakan plugin semacam syntax highlighter yang akan memberi warna tertentu pada kode yang ditulis di post. Namun, bagaimana jika Anda ingin menampilkan kode tersebut tanpa menggunakan plugin, misal dengan alasan mengurangi beban resource?

Ada beberapa tools yang dapat mengkonversi kode HTML menjadi kompatibel kode WordPress, semisal tools Postable (www.elliotswan.com/postable). Tools ini dapat merubah kode HTML menjadi teks yang dapat dikonversi secara aman ke dalam post WordPress.

postable

Bagaimana menampilkan kode embed Youtube di post tanpa merubahnya menjadi video yang diembed sendiri ke dalam post? Dengan menggunakan tools Postable, hal ini menjadi mungkin.

postable

Jika tag code sudah memiliki style tersendiri dalam themes, apit kode dari postable tadi dengan tag <code></code>. Jika benar, Anda akan dapat menampilkan kode embed video Youtube di post sebagaimana berikut:

<iframe width="560" height="315" src="http://www.youtube.com/embed/9bZkp7q19f0" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube