Beranda » Gadget » Software »

Mantan Pengembang Nokia Meego Luncurkan Sailfish OS

Tahun ini sepertinya memang puncaknya berbagai perangkat mobile, terutama dari segi sistem operasi (OS). Apple semakin matang dengan iOS6 yang kemarin sudah disemat pada perangkat iPhone 5 milik mereka. Microsoft semakin nyaman dengan Windows Phone 8, didukung oleh Nokia dan berbagai vendor lain. Android makin menjamur, mulai dari Samsung dengan varian Galaxy-nya dan juga berbagai device dari negeri tirai bambu dengan varian tabletnya.

Tak lama kemudian, beberapa OS lain siap menyusul ke pasaran meramaikan industri mobile. Mozilla sudah meluncurkan demo yang menampilkan Firefox OS di perangkat Samsung Galaxy S2 dan komputer berharga murah Raspberry Pi. Mozilla juga sudah meluncurkan add-ons browser yang memungkinkan pengguna desktop mencoba Firefox OS di browser Firefox PC milik mereka. Tidak tanggung-tanggung, add-ons ini mendukung berbagai OS, seperti Mac, Windows, dan Linux. Tidak hanya Mozilla, Blackberry 10 sudah dipastikan keluar pada Januari tahun depan.

jolla-os

Mantan pengembang Meego Nokia kini sudah siap memamerkan hasil kreasi mereka. Bergerak dengan nama Jolla, mereka meluncurkan OS mobile mereka dengan nama Sailfish OS. Para pengembang Jolla menjanjikan bahwa OS ini akan memberikan konfigurasi lebih, fungsi multitasking, serta performa yang lebih baik kepada penggunanya. Penasaran seperti apa? Berikut ini demo video Sailfish OS yang dibuat oleh tim pengembang Jolla.

Dalam video demo di atas, terlihat bahwa tampilan locksreen seperti kombinasi antara Blackberry 10 dan Windows Phone. Gesture swipe layar digunakan untuk berinteraksi dengan berbagai aplikasi yang tersedia. Bagaimana menurut Anda dengan OS terbaru dari Jolla ini?

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube