Beranda » Software »

Mac Tidak Kebal Malware

Dua bulan lalu, varian dari trojan Flashback menemukan celah keamanan Java pada Mac. Trojan ini dapat menginfeksi secara diam-diam Mac Anda, kemudian mencuri data username dan password dari website populer dengan memonitor lalu lintas data.

Perusahaan antivirus asal Rusia, Dr. Web, melaporkan bahwa pada hari ini sekitar 550 ribu Mac telah menjadi zombie dari mallware. Sorokin Ivan, salah seorang analis Dr. Web, melaporkan angka hingga 600 ribu PC Mac telah terinfeksi.

mallware-mac

Cara mallware ini menginfeksi Mac pun cukup mudah. Anda mengunjungi situs yang telah ditanami mallware, dan secara langsung Mac Anda akan mendownload trojan berbahaya tersebut, dan menginstallnya di sistem Mac Anda.

Beberapa variant trojan memerlukan izin dari Anda untuk bisa terinstall. Jika Anda berikan izin, program teersebut akan terinstall di folder aplikasi, dan secara diam-diam akan mengaitkan dirinya dengan browser Firefox atau Safari. Begitu Anda menjalankan browser, mallware secara diam-diam memonitor Anda.

Jika Anda tidak memberikan izin instalasi, trojan akan menginstall secara otomatis ke folder akun user standar. Dia akan berjalan di semua aplikasi yang berjalan, namun keberadaannya memang masih lebih mudah dideteksi.

Saat ini Apple telah merilis patch untuk lubang keamanan tersebut. Anda dapat mengunduhnya di alamat Java for Mac OS X 10.5 Update 6, Java for Mac OS X 10.6 Update 7 dan Java for OS X Lion 2012-001. Sebagai tambahan, F-Secure telah memberikan instruksi untuk membuang Mallware ini. (via ZDnet.com)

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube