Beranda » Hardware »

Lupakan Ukuran GB, Harddisk TB Akan Beredar di Pasaran

Sepertinya sangat sulit bagi para pembuat harddisk untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan yang mereka jual, selain dengan menambah ukuran fisik hard disk. Namun, tampaknya produsen juga tidak berhenti melakukan inovasi.

Salah satu contohnya adalah Wester Digital (WD). Mereka sedang mengerjakan hard disk berukuran 40TB. Ukuran ini tiga kali lebih besar dari ukuran maksimum hard disk yang dijual di pasaran (sekitar 10TB).

Hal ini bisa dicapai berkat teknologi yang disebut MAMR, yang merupakan kependekan dari “microwave-assisted magnetic recording” (rekaman magnetik dengan bantuan gelombang mikro). Pihak Western Digital mengatakan bahwa dengan teknologi ini nantinya ukuran areal hard disk akan mencapai 4TB per incinya.

MAMR hard drive

MAMR sendiri bukanlah sebuah penemuan baru. Profesor teknik dari Universitas Carnegie Mellon, Jimmy Zhu, merupakan orang yang menemukan teknologi ini di tahun 2007. Memang perlu lama untuk mewujudkan hasil penelitian ke proses produksi untuk skala yang luas.

Generasi baru dari drive ini akan menggunakan “spin torque oscillator”, sebuah alat super kecil yang menghasilkan medan microwave. Western Digital mengatakan bahwa hal itu memungkinkan perangkat untuk membaca dan menulis yang beroperasi pada tingkat kecepatan dan keandalan yang dibutuhkan oleh pusat data.

Namun kapan tepatnya Anda bisa membeli salah satu drive WD ini tidak semudah yang Anda bayangkan. WD baru berencana untuk menjual drive MAMR pertama pada tahun 2019 mendatang.

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube