Beranda » Games » Hardware » How To »

Low Budget Gaming CPU Edisi 2015

Anda ingin punya PC game, namun terbatas budget yang mepet? Anda tidak perlu khawatir karena kami dapat merekomendasikan hardware PC game dengan budget rendah.

Untuk performanya, prosesor ini mampu memainkan game FarCry dan BattleField dengan kualitas menengah.

Lupakan prosesor Intel karena harganya yang mahal, kita dapat memanfaatkan prosesor AMD untuk menekan budget.

Selain itu, pilihan prosesor AMD juga jatuh kepada teknologi APU sehingga Anda tidak perlu membeli kartu grafis tambahan. Pilihan ini jelas akan sangat menghemat pengeluaran Anda.

AMD APUAdapun jajaran prosesor APU milik AMD yang kami rekomendasikan adalah yang telah menggunakan teknologi multicore dengan grafis multicore pula, yaitu seri A8 sampai A10.

Untuk kompatibilitas ke depan sehingga Anda tidak perlu sering mengganti motherboard, pilihan jenis socket prosesor jatuh kepada tipe FM2+.

Berikut ini rinciannya:

  1. Prosesor AMD Kaveri A8-7600
    Prosesor ini termasuk jajaran termurah yang menggunakan teknologi grafis R7 AMD dengan memori sebesar 512MB. Adapun inti prosesor dan grafis masing-masing sebanyak 4 dan 6 core.
    Harga: $78.99
  2. Motherboard ASrock FM2A58-VG3+
    Motherboard ini telah menggunakan socket FM2+ dan memiliki slot PCI express dengan teknologi Cross-Fire. Jika Anda memiliki kartu grafis tambahan, motherboard ini dapat mengkombinasikan kartu grafis bawaan dengan kartu grafis ekspansi (dual-graphic). Kelemahan utama dari motherboard ini adalah belum mendukung USB 3.0, Anda dapat menggunakan kartu USB tambahan atau mencari motherboard tipe lain.
    Harga: $42.99
  3. RAM (memori) Visipro 1600 2GB x 2
    Sebenarnya Anda juga dapat memanfaatkan merk RAM lain yang menjadi favorit Anda. Namun untuk kategori termurah dengan brand ternama, kami merekomendasikan Visipro. Kami sarankan untuk mengambil dua keping agar performa PC lebih smooth ketika sedang bermain game dan multitasking lainnya.
    Harga: $46
  4. Harddisk (penyimpanan) Hitachi 500GB
    Semakin besar kapasitas penyimpanan, semakin mahal pula harganya. Merk Hitachi sering dipakai di laptop sehingga kredibilitasnya tidak perlu diragukan. Selain itu, ia memiliki harga yang paling murah. Ukuran 500GB dirasa cukup untuk memainkan game sekarang.
    Harga: $32
  5. PC Case Dazumba + PSU Dazumba DZ 500W
    Anda dapat menggunakan case apa saja untuk PC Anda. Namun yang perlu diperhatikan adalah pilihan power supply unit (PSU). PSU yang baik akan menjaga komponen-komponen PC Anda, sehingga masa pakainya akan lebih panjang.
    Harga: $32

Total pengeluaran yang Anda butuhkan untuk merakit PC low budget adalah $232. Jika dirupiahkan, Anda harus merogoh kocek kurang lebih sebesar 3 jutaan (1 Dollar = 13.300 Rupiah).

Update: 30 Juli 2015

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube