Beranda » Sci-Tech »

Limbah Karbon Dioksida jadi Tenaga Listrik, Akhir dari Era Pemanasan Global?

Manusia merupakan mahluk yang paling bertanggung jawab terhadap kerusakan atmosfir bumi. Teknologi industri yang berkembang begitu cepat membuat pertumbuhan pabrik sedemikian pesat. Hasilnya, gas sisa buangan dari berbagai mesin industri mengotori langit, menambah parah kondisi pemanasan global.

Tetapi, sepertinya ada kabar gembira bagi persoalan yang satu ini. Baru-baru ini peneliti Pusat untuk Keunggulan Teknologi Air yang Berkelanjutan di Leeuwarden, Belanda sedang mengembangkan usaha untuk mengubah karbondioksida menjadi tenaga listrik. Mereka menjabarkan ide tersebut pada Jurnal Pengetahuan Lingkungan dan Teknologi.

pencemaran karbondioksida

Idenya, mereka menempatkan air ke dalam tanki khusus. Di dalam tanki tersebut terdapat pula membran yang memungkinkan ion bermuatan positif melewati sisi lain tanki, selanjutnya mereka menempatkan membran lain yang memungkinkan hanya ion bermuatan negatif keluar.

Dalam laporan penelitiannya, para ilmuwan tersebut juga menjelaskan bahwa jika teknik ini dilakukan secara intens dari pusat penyimpanan tenaga dan perumahan penduduk, dapat memproduksi listrik hingga 1,570 kilowatt. Semuanya tanpa emisi sampingan.

(Sumber)

Gambar dari Sciendaily

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube