Beranda » WebDev »

LAMP Stack, Arah Pergeseran Industri Web

LAMP (Linux, Apache, MySQL, dan PHP) Stack merupakan koleksi software dengan lisensi free open source yang biasa digunakan untuk membuat website. Dengan adanya LAMP stack, proses pengembangan suatu website menjadi lebih murah dan hemat karena tools FOSS tidak mengenakan biaya. Anda tinggal mendownload, baca dokumentasi, kemudian tinggal gunakan.

Tentunya ini merupakan inovasi tersendiri, di mana web server sebelumnya merupakan pangsa pasar Microsoft dan Oracle dengan lisensi ratusan hingga ribuan dolar. Kemunculan LAMP membuat layanan web server mereka menjadi tidak berarti. Seiring itu pula, LAMP membuat bahasa pemgrograman PHP hampir menguasai mayoritas pengembangan website di seluruh dunia.

xampp

Saat ini, berbagai script website berbasis PHP bertebaran di Internet dan bisa digunakan pula secara gratis. Joomla dan WordPress merupakan dua CMS yang sering digunakan untuk pengembangan suatu website, dan bahkan beberapa situs kenamaan. Saat ini semuanya masih memanfaatkan teknologi LAMP dan terus dipelihara pengembangannya oleh donatur dan komunitas.

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube