Beranda » WebDev »

Kupas Tuntas Jetpack WordPress.com

WordPress telah merilis plugin Jetpack yang diklaim akan membuat website memiliki fitur-fitur yang ada pada WordPress.com. Kelihatannya sangat hebat, dengan berbagai author plugin WordPress ternama, plugin ini seperti perlengkapan all-in-one (AIO) yang akan membuat situs Anda jadi lebih hebat.

jetpack

Tapi apakah klaim tersebut sedemikian hebat? Untuk menyimpulkannya, mari kita telaah satu per satu fitur yang ada pada plugin ini. Selanjutnya, biar Anda yang akan menyimpulkannya. (fitur vaultpress tidak diulas karena berbayar)

  1. Subscriptions. Publikasi post dikirim langsung ke email pembaca.
    Beberapa orang mengatakan bahwa plugin ini mengurangi traffic ke website karena pembaca bisa melihat post dari inbox. Pertimbangan lain, orang lebih menyukai menggunakan layanan Feedburner untuk post subscription.
  2. Tombol share LinkedIn dan Google+.
    Sempat mencoba dan buggy. Jika Anda terbiasa meng-coding sendiri tombol share to bla bla bla, jelas fitur ini bukan untuk Anda.
  3. Image & RSS Links Widgets. Easily add images or RSS feeds to your sidebar.
    Meletakkan gambar dan RSS di sidebar? Apakah Anda butuh?
  4. Gravatar Hovercards: menampilkan pop-up komentator di blog Anda.
    Jika Anda menggunakan sistem komentar pihak ketiga, seperti Disqus atau Intense Debate, jelas Anda tidak butuh plugin ini.
  5. WordPress.com Stats.
    Kita semua menyukai statistik. Tapi jika Anda terbiasa dengan layanan Google Analytic, fitur ini jelas bukan untuk Anda.
  6. Twitter Widget.
    Twitter menyediakan twitter widget dan secara singkat dapat disalin ke widget WordPress menggunakan teks widget. Lebih indah dilihat dan mudah dikustomisasi.
  7. Shortcodes: dengan cepat menambah video dan gambar menggunakan code dalam sekali klik.
    Jika Anda doyan mengatur sendiri kode embed dari youtube ataupun memodifikasi manual kode html gambar, plugin ini jelas bukan untuk Anda.
  8. Shortlinks: link pendek ke situs atau post.
    Memang ekslusif menggunakan link sendiri dari website Anda. Tapi jika Anda terbiasa menggunakan layanan bitly dan sejenisnya, fitur ini jelas bukan untuk Anda.
  9. LaTeX: buat karakter persamaan matematika.
    Apakah Anda guru matematika? Jika tidak, fitur ini bukan untuk Anda.
  10. After the Deadline: perbaikan ejaan.
    Blogging dalam bahasa Indonesia? Fitur ini jelas bukan untuk Anda. Saat ini belum memiliki ejaan untuk Bahasa Indonesia. Berguna jika Anda menulis dalam Bahasa Inggris.

Kesimpulannya, dari sekian paket AIO yang ditawarkan oleh plugin tersebut, apakah Anda memang membutuhkannya? Atau hanya 2 dari 10 fitur? Mengaktifkan plugin dengan fitur bejibun sementara Anda hanya memanfaatkan sebagian, lebih baik tidak. Itulah sebabnya rating plugin ini tidak begitu spesia di direktori plugin WordPress. Hanya 3 bintang dari total 5 nilai yang bisa diraih.

2 tanggapan untuk artikel

  1. kaosmotorklasik says:

    manteb Juragan….kita jd bisa pilih pilih…tadinya mau aplikasi akhirnya ada info ini, jadi tahu knapa knapa nya

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube