Beranda » Biz-Startup » Gadget » Software »

Kerren, IM Multiakun Sekaligus Klien Jejaring Sosial

Anda mungkin sangat familiar dengan aplikasi WhatsApp, Line, atau Catfiz. Yap, aplikasi-aplikasi tersebut biasa digunakan untuk mengirim pesan lewat internet (Internet Messenger). IM makin ngetrend penggunannya belakangan di kalangan para pengguna smartphone karena mampu menghemat pulsa SMS. Seolah ikut meramaikan, developer lokal juga meluncurkan aplikasi sejenis yang diberi nama Kerren (kerren.co.id).

Dibanding pesaingnya, aplikasi ini memang memiliki banyak kelebihan. Selain dapat menggunakan chat dari akun sendiri, Kerren juga mengintegrasikan chat dari akun IM lain, semisal Google Talk, Yahoo, Facebook, dan AIM. Fitur chat Kerren sendiri juga tidak kalah, dengan tersedianya fasilitas grup chat yang berguna untuk keperluan broadcast pesan penting kepada komunitas chat.

Kelebihan lainnya adalah, Kerren bukan hanya sekedar IM, tetapi juga terintegrasi dengan aplikasi sosial network untuk akun Facebook dan Twitter. Kerren dapat digunakan untuk melihat feed dari teman-teman Facebook dan Twitter Anda, sekaligus dapat juga digunakan untuk mengupdate status. Cara melihat feed juga terbilang mudah, drag panel ke bawah (ala Flipboard) dan otomatis feed akan diperbarui.

Kerren IM chat

Cukup satu aplikasi, Anda mendapatkan layanan IM seperti aplikasi WhatsApp (dengan dukungan akun IM lain), serta integrasi ke situs jejaring sosial layaknya TweetDeck. Dua fitur andalan hanya dalam satu aplikasi, Anda tidak perlu menginstall aplikasi tambahan. Dan untuk semua kelebihan tersebut, aplikasi ini tidak mengenakan biaya (gratis), namun tetap biaya koneksi internet dibutuhkan sesuai aktivitas Anda.

Salah satu fitur dari Kerren adalah banner exchange, di mana banner akan dimuat di bagian bawah aplikasi. Jika Anda tidak menggunakan langganan internet, banner-banner ini akan lumayan menghabiskan pulsa Anda mengingat intensifnya perputaran banner saat aplikasi berjalan. Namun hal ini tidak menjadi masalah jika Anda menggunakan paket unlimited atau melakukan koneksi via WiFi.

Namun perlu diketahui, jika trend tidak dibangun, sangat sulit membuat pengguna lain pindah ke aplikasi ini. Kita bisa melihat fenomena pengguna BlackBerry tipe “alay” biasanya masih setia dengan BBM mereka, karena mereka hanya memanfaatkan fasilitas BBM (tidak full service dengan internet). Mereka cenderung enggan menggunakan aplikasi WhatsApp karena dikenakan charge tambahan untuk koneksi internet.

Jika Anda mengenal aplikasi Line, Anda tentunya tahu mengapa mereka mulai meraih popularitas di antara pengguna Android. Line memang hanya sekedar aplikasi chat (walau ada beberapa fitur lain namun kurang dieksplore para pengguna), tapi fitur emot-emot yang diberikan akan membuat aktivitas chat dengan IM semakin menyenangkan. Baru-baru ini mereka mencoba membangun trend dengan ikut muncul dalam iklan ponsel Samsung.

Untuk Kerren sendiri, Kami melihat kalau aplikasi ini lebih cocok digunakan untuk pengguna bisnis. Integrasi pertukaran banner di bagian bawah akan memudahkan promosi atau mencari barang dan jasa. Tersedia pula segmen “Klub” yang di dalamnya terdapat aplikasi penunjang bisnis (M-Banking) dari Bank Mandiri Syariah, serta jual beli dengan pengkategorian-pengkategorian yang terinci (otomotif, buku, pertanian, dan sebagainya).

Saat ini Kerren baru tersedia untuk Android dan BlackBerry. Bagi pengguna Android, Anda dapat langsung kunjungi situs Google Play untuk mendownload aplikasi ini.

2 tanggapan untuk artikel

  1. Ihsan Kusasi says:

    thanks artikelnya…. mohon sudi mampir ke blogsite saya http://ihsankusasi.wordpress.com/

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube