Beranda » Health » Sci-Tech »

Ilmuwan Tidak Sengaja Ciptakan Kacamata Penyembuh Buta Warna

Banyak penemuan fenomenal di dunia ini yang terjadi secara tidak sengaja, seperti karet ban dan penisilin. Hal ini kembali terulang ketika seorang ilmuwan secara tidak sengaja berhasil menciptakan kacamata penyembuh buta warna.

Para ilmuwan di laboratorium Barkeley mulanya berniat menciptakan kacamata pelindung bedah. Namun yang terjadi adalah, mereka berhasil menemukan solusi bagi mereka yang memiliki kelainan buta warna.

Marc Drucker memiliki kelainan genetik di mana kerucut mata merah dan hijaunya berada dalam posisi sangat dekat. Hal ini menyebabkan ia sukar melihat warna-warna pada lampu lalu lintas, dan bisa jadi situasi ini menjadi sangat berbahaya bagi dirinya.

kacamata-penyembuh-butawarna

Ketika ia memakai kacamata hasil penemuan Barkeley Labs tersebut, ia dapat mengenali warna orange dari lampu lalu lintas dan warna hijau lainnya secara terpisah. Para ilmuwan memberi nama produk tersebut sebagai EnChroma CX Sunglasses, di mana kacamata tersebut mampu memisahkan gelombang warna tertentu (dengan filter khusus) antara merah dan hijau sehingga mata buta warna dapat menangkap warna secara sempurna.

Bacaan lebih lanjut:
http://sanfrancisco.cbslocal.com/2015/02/23/berkeley-lab-accidentally-discovers-solution-to-fix-color-blindness-enchroma-cx-sunglasses/

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #gratisan #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube