Beranda » Games »

Hut ke-20 Doom, Game yang Mempopulerkan Genre FPS

FPS merupakan kependekan dari first person shooter, sebuah genre game dengan ciri mengambil sudut pandang pemain dengan fokus kepada aksi tembak-tembakan.

Jika Anda melihat sejarah 20 tahun ke belakang, Anda tentunya mengenal game Duke 3D dan Doom. Game-game tersebut mempopulerkan genre FPS hingga populer seperti sekarang.

Pada tanggal 10 Desember kemarin, Doom tepat berulang tahun ke-20. Pertama kali dirilis di tahun 1993 oleh Id Software.

Saat itu, ukuran game Doom hanya 2MB dan dirilis sebagai shareware, dibagikan secara gratis namun beberapa fitur dibatasi. Penyebaran berlangsung cepat lewat jaringan internet dan bundled CD berbagai majalah komputer.

doom

Doom menjadi pioner dari game FPS berkat kualitas 3D yang ditawarkan, dukungan mapping tekstur dan pencahayaan. Belum ada game lain yang bisa menampilkan visualiasi game Doom di masanya. Saat itu Doom dimainkan dalam PC dengan sistem operasi Windows 95.

Saat ini, genre FPS masih dilanjutkan oleh Crysis, Battlefield, Call of Duty, dan lain sebagainya. Jika Anda mundur sedikit di era tahun 2000-an, Anda tentu mengenal Counter Strike dengan dukungan banyak pemain (multiplayer) via jaringan LAN.

Tags:

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube