Beranda » Games » WebDev »

HTML 5 Perlahan Menggeser Flash Sebagai Platform Game

Setelah sekian lama, teknologi HTML5 semakin matang berkembang di dunia game berbasis browser. Kini, makin banyak developer yang menjadikan teknologi HTML5 dan JavaScript sebagai platform dalam pembuatan website.

emberwind

Dengan teknologi Canvas HTML5, pembuatan game dua dimensi (2D) semakin menyenangkan. Tidak hanya 2D, dikombinasikan dengan WebGL, game 3D dengan gameplay FPS dapat diwujudkan.

Berikut ini beberapa platform game berbasis HTML5 dan JavaScript yang bisa Anda coba atau sekedar mengisi luang waktu Anda di sela-sela kesibukan bekerja.

  1. Robots Are People Too
    Grafik game ini menggunakan elemen canvas HTML5. Untuk gameplaynya, game ini membutuhkan dua orang untuk bermain. Kerja sama antara pemain dibutuhkan untuk menyelesaikan level demi level dalam game. Layar akan terpisah menampilkan masing-masing aktivitas pemain.
  2. The Convergence
    Game ini juga membutuhkan koordinasi dalam permainannya. Anda akan mengendalikan dua karakter di waktu yang bersamaan. Sama seperti game sebelumnya, The Convergence menggunakan elemen canvas HTML 5 untuk menunjang grafisnya.
  3. Runfield
    Game ini dirilis sebagai demo dari kehebatan Firefox 4 menggunakan teknologi HTML 5. Anda akan menjalankan seekor serigala yang berlari melompati lubang menggunakan mouse. Game ini menggunakan elemen canvas HTML5 untuk grafiknya.
  4. Angry Birds
    Semua orang pasti mengenal game ini. Anda menghancurkan fondasi bangunan menggunakan akurasi lemparan. Versi HTML5 merupakan bagian dari promosi Chrome Web Store dan demo teknologi WebGL dari browser Chrome.
  5. Emberwind
    Opera belum mati! Inilah project eksperimen dari Opera yang mem-port Emberwind ke dalam format HTML5. Anda akan mengendalikan Gnome melawan gremlins. Game ini menggunakan teknologi WebGL untuk akselerasi grafik 2D.
  6. Fieldrunners
    Game ini merupakan port dari platform iOS dan saat ini hanya mendukung Google Chrome. Fieldrunners adalah game tradisional meletakkan menara untuk mempertahankan diri Anda. Menggunakan teknologi WebGL untuk akselerasi 2D.

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube