Beranda » FOSS » Software »

HP Resmi Rilis Open webOS 1.0

Bulan September sudah kita lewati, tim Open webOS dari HP baru-baru ini merilis sistem operasi Open webOS 1.0. Sebagaimana dipaparkan sebelumnya, sistem operasi ini sudah menggunakan framework berbasis web Enyo 2. Memang hardware sebelumnya (webOS lama) tidak mendukung OS versi ini, namun berbagai porting bisa dibuat mengingat OS ini telah bertransformasi menjadi proyek kode pengembangan terbuka.

Bola telah dilempar, dan kini bola tersebut sudah di tangan komunitas. HP tidak bisa begitu saja melepas OS ini kepada komunitas. Paling tidak, perusahaan bisa memberi stimulus, semisal mendanai para enthusiast pengguna webOS sebelumnya agar mau memelihara dan mengembangkan OS yang dulunya dikeluarkan oleh Palm ini.

Steve Winston sebagai kepala pengembangan Open webOS menjelaskan bahwa mereka masih akan terus mengembangkan fitur-fitur serta kompatibilitas OS tersebut. Berikut ini video demo bagaimana Open webOS beraksi.

Bagi Anda yang ingin mencoba melihat jeroan Open webOS lebih jauh, Anda dapat mengunduh kode sumber pengembangan di alamat berikut. Sepertinya cukup menarik, mengingat OS ini kini sudah menggunakan kernel Linux standar, ketimbang kernel khusus dari Palm.

Bacaan lebih lanjut:
http://www.webosnation.com/open-webos-10-lands

Tags:

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube