Beranda » Games » How To »

Hemat Baterai HP Ketika Bermain Pokemon Go

pokemon go drain batteryPokemon Go memang lagi musim, dan tiap orang di Indonesia sepertinya tidak mau ketinggalan ikutan untuk menangkap monster digital ini.

Tapi, kita juga tahu kalau game ini sangat menguras baterai HP. Ini karena Pokemon Go memanfaatkan fasilitas GPS dan konektivitas data internet yang berlangsung secara terus menerus. Penggunaan secara full secara terus menerus akan menghabiskan baterai dalam jangka waktu 2 jam saja.

Sementara itu, aktivitas sehari-hari kita tidak hanya sekedar bermain Pokemon Go saja. Kita juga harus menyisakan baterai HP untuk melakukan hal-hal lain, seperti berkomunikasi via IM (BBM, WA, Line, dsb), mengambil foto dan video, serta berselancar di internet.

Berikut ini kami sajikan beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk menghemat penggunaan Baterai ketika bermain Pokemon Go.

  1. Turunkan tingkat kecerahan layar
    Atur agar brightness level dari perangkat Anda menjadi level terendah. Kelemahannya adalah, Anda akan sulit melihat layar dalam kondisi terang di area terbuka. Biasanya kita suka menutup layar kita dengan tangan supaya lebih terlihat.
  2. Matikan layar ketika bernavigasi
    Ketika Anda ingin menuju titik tertentu, semisal PokeStops dan Gym, Anda dapat mengunci layar sebelum berjalan menuju tempat tersebut.
  3. Matikan suara
    Fitur ini terdapat pada menu “Setting” dalam Game. Nonaktifkan pilihan suara aksi & latar. Memang kesenangan akan berkurang, tapi tujuan kita memang meminimalkan penggunaan baterai pada HP.
  4. Jangan gunakan fitur AR
    Fitur ini jelas memberikan kesenangan utama ketika bermain. Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua/tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata memanfaatkan kamera HP. Namun, fitur ini jelas sangat menguras tenaga baterai HP kita.
  5. Matikan bluetooth dan WiFi
    Dua hardware ini akan terus bekerja mencari konektivitas, walau sedang dalam posisi tidak digunakan. Matikan sejenak untuk menghemat penggunaan baterai. Hal ini tidak masalah karena koneksi data berlangsung via GSM.
  6. Aktifkan fitur power save mode dalam game
    Pembuat game sepertinya menyadari bahwa aplikasi yang mereka kembangkan sangat menguras baterai, karenanya mereka membuat fitur ini (power save mode). Aktifkan dan layar Anda akan menjadi semakin gelap.

Demikian sekiranya tips dari kami, dan semoga dapat memenuhi kebutuhan Anda ketika bermain Game. Jika Anda memiliki tips tambahan, Anda dapat menuliskannya di kolom komentar.

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube