Beranda » Art-Design » How To »

GIMP untuk Produktivitas Web

gimp-logoSemua desainer grafis hampir pasti mengenal Adobe Photoshop. Software editor pixel ternama yang lazim digunakan dalam industri cetak. Untuk produktivitas pembuatan website, Photoshop dikenal dengan fitur “Save for Web” yang akan memberikan kompresi tinggi ukuran gambar tanpa mengorbankan kualitas. Berguna bagi pembuatan website dalam penggunaan ukuran gambar yang tidak terlalu besar agar situs lebih cepat dilihat.

Dunia Free Open Source Software (FOSS) memiliki software bebas patent untuk keperluan desain grafis berbasis pixel bernama GIMP. Tiap orang yang berkecimpung di dunia FOSS hampir memadankan penggunaan Photoshop dengan GIMP. Dengan fitur-fitur yang hampir sama, GIMP dapat memenuhi produktivitas Anda dengan biaya murah. Anda dapat memperoleh GIMP di situs resmi mereka di alamat www.gimp.org.

Instalasi default GIMP tidak memberikan opsi instant penyimpanan gambar untuk website. Pengguna harus mengatur secara manual tingkat kualitas melalui bar dan agak sulit bagi yang belum terbiasa. Namun, ada plugin khusus yang tersedia untuk memudahkan hal ini. Sama seperti Photoshop, pilih “save as web” dan tentukan tingkat kompresi gambar.

save-4-web

Untuk pengguna Windows, Anda dapat mengunduh plugin tersebut di sini. Extract dan salin file webexport.exe pada direktori
C:\Documents and Settings\<your-username>\.gimp-2.6\plug-ins

Bagi pengguna Linux, tinggal menginstall gimp-plugin-registry sesuai dengan distronya masing-masing. Pengguna distro Debian dan Ubuntu beserta turunannya tinggal mengetik:
sudo apt-get install gimp-plugin-registry

Setelah direstart, akan muncul menu “save for web” pada GIMP. Selamat mencoba

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube