Beranda » How To » WebDev »

Font Microsoft di Linux

Jika Anda menginstall pertama kali distro linux di PC Anda, mungkin Anda tidak akan tahu bahwa berbagai font gratis dari Microsoft tidak terinstall pada OS Linux Anda. Terlebih jika Anda seorang web developer, font alternatif pengganti bawaan linux akan membuat layout web berbeda secara keseluruhan.

Font tersebut tentunya awalnya dikenalkan oleh Microsoft agar menjadi font standar website di internet. Tentunya cara Microsoft membentuk ketergantungan terhadap font mereka sangat berhasil semenjak pemberian font disediakan di sistem operasi milik mereka yang mayoritas digunakan oleh para pemilik PC.

not installed microsoft font linux

Sebenarnya walaupun gratis, berbagai font Microsoft tersebut (Arial – Courier New – Comic Sans MS – Verdana – dll) tidak bisa begitu saja langsung didistribusikan ke dalam berbagai distro Linux. Ini karena lisensi dari Microsoft yang membatasi pengembang untuk memasang secara default.

Jika pengembang melanggar, tuntutan patent akan dikenakan dan denda akan dikenakan atas tuduhan pelanggaran. Anda sebagai pengguna harus menginstall secara manual, dengan menyetujui EULA font Microsoft tersebut. Pengguna Linux harus mendownload paket ttf-mscorefonts-installer dan memasangnya sendiri.

Bagi pengguna Debian dan turunannya, penambahan font Microsoft tersebut dapat dilakukan dengan cara menjalankan perintah berikut:
sudo apt-get install ttf-mscorefonts-installer

Bagikan tulisan ini

Tulisan yang berkaitan

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube