Beranda » Software »

Fitur Reset dan Refresh Windows 8

Windows 8 memperkenalkan fasilitas Reset dan Refresh. Reset akan mengembalikan keadaan komputer ke semula dengan menghapus semua data, sebagaimana ketika PC keluar dari pabrik. Refresh akan menginstall ulang Windows, namun tidak menghapus dokumen tersimpan. Fitur ini akan memudahkan pengguna awam jika komputer mereka terkena malware.

refresh-win8

Jika Anda merasa PC Anda menjadi lambat ketika bekerja, Anda dapat menggunakan fitur refresh. Fitur ini tetap menyimpan konfigurasi jaringan, BitLocker, pengaturan huruf drive, dan personalisasi desktop. Sebaliknya jika Anda hendak menjual PC Anda, fitur reset dapat digunakan untuk mengembalikan komputer seperti awal lagi tanpa ada data tersimpan.

reset-win8

Hebatnya lagi, proses kerja kedua fasilitas tersebut sangat cepat. Fasilitas Reset memakan waktu enam menit untuk selesai, sementara Refresh memakan waktu delapan menit. Sebagai perbandingan, proses restorasi dari image backup saja bisa memakan waktu 25 menit. Proses Reset dan Refresh hanya bisa dilakukan dari dalam lingkungan Windows 8 saja.

Teknologi ini merupakan fasilitas imaging/ghosting bawaan dari Microsoft Windows 8 menggunakan program bernama recimg.exe. Adapun aplikasi pihak ketiga yang biasa menangani tugas seperti ini adalah Norton Ghost atau Acronis True Image. Fitur ini sendiri dari dulu sudah tersedia pada berbagai perangkat tablet dan smartphone. Cukup dengan menekan beberapa kombinasi tombol, tablet akan kembali ke kondisi awal.

Tags:

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube