Beranda » FOSS » Software »

Fitur Baru Pada Unity Ubuntu: Ubuntu HUD

Unity yang dituding menjadi biang kemerosotan ranking Ubuntu di Distrowatch, masih ditambah terus fiturnya oleh Canonical, perusahaan pengembang Ubuntu. Salah satu fitur yang ditambah adalah, bagaimana pengguna berinteraksi dengan program-program di komputer.

Bertahun-tahun, menu navigasi di komputer umumnya menggunakan dropdown. Entah itu posisinya di atas, samping, atau bawah, pola kerjanya selalu sama. Muncul area submenu ke submenu berikutnya, sampai akhirnya pengguna menemukan program yang ingin dijalankan.

Ubuntu membuang konsep tradisional tersebut dan membuat interaksi baru dalam Ubuntu yang disebut HUD (head-up display). Versi Unity baru dengan fitur baru HUD, pengguna tinggal mengetikkan kata kunci program yang ingin dijalankan pada sebuah kotak pencarian. Ubuntu secara otomatis menampilkan daftar program yang bisa dipilih.

hud

Ubuntu HUD (klik untuk memperbesar)

Interaksi tidak terbatas pada lingkungan desktop saja, tapi juga memberikan perintah pada program-program bawaan Ubuntu. Untuk menampilkan status pada messenger, tinggal mengetik “away” atau “available” pada kotak pencarian. Begitu juga pada pemutar musik, Firefox, dan aplikasi lainnya.

HUD juga memiliki kemungkinan mengaktifkan perintah lewat suara. Menggunakan teknologi voice recognition, perintah akan dideteksi. Suatu inovasi yang cukup menarik dari dunia Free Open Source Software (FOSS) bagi interaksi komputer dan pengguna.

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube