Beranda » Edu-Tech »

Ensiklopedia Britannica Stop Produksi Edisi Print

Internet mengubah banyak hal, termasuk soal bagaimana kita menyimpan berkas. Format musik CD perlahan semakin menghilang, seiring maraknya penjualan musik secara digital dengan metode download. Berita koran perlahan mulai digeser dengan keberadaan portal berita. Mengirim surat dengan mengantarnya ke kantor pos telah digantikan dengan email.

Baru-baru ini contoh teranyar bagaimana internet mengubah kehidupan. Ensiklopedia Britannica, produsen ensiklopedia ternama, baru-baru ini menghentikan edisi cetaknya. Alasannya, Wikipedia perlahan semakin menggeser keberadaannya dan perlahan menjadi sumber ilmu pengetahuan.

encyclopedia britannica

Selama 244 tahun Ensiklopedia Britannica menemani perpustakaan-perpustakaan sekolah. Britannica terdiri dari 32 jilid dengan berat sekitar 129 pounds dan dijual seharga $1,395. Edisi terakhir di print pada tahun 2010 dengan jumlah salinan sebanyak 12.000.

Sebaliknya Wikipedia bisa diakses di mana saja dan kapan saja menggunakan perangkat yang terhubung ke internet. Isinya terus diperbarui dan dikembangkan, dan hanya butuh waktu 11 tahun untuk menggantikan keberadaan Ensiklopedia Britannica.

Ensiklopedia Britannica memang belum hilang sepenuhnya. Versi online akan tersedia dan akan tersedia menggunakan lisensi penjualan buku digital, salah satunya adalah Apple iBook. Dengan fitur interaktif digital, Britannica mungkin akan memiliki banyak perubahan.

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube