Beranda » Sci-Tech »

Eksperimen Pasir Berbentuk Cair

Jika Anda pergi ke pantai, Anda akan melihat pasir berwarna kuning yang terhampar di sepanjang bibir pantai. Dalam film animasi Naruto, pasir merupakan elemen vital dari tokoh bernama Gaara. Oke, itu hanya sekedar intermezo šŸ˜† .

Anda tentunya tahu sifat dari pasir, yakni keras jika diinjak namun rapuh jika digenggam. Kali ini sebuah eksperimen dilakukan terhadap pasir yang menyebabkan zat padat tersebut berubah menjadi cair. Lebih tepatnya, cairan yang terlihat mendidih karena dimasak.

Terlihat mendidih karena udara terus dipompakan secara konstan ke dalam pasir. Teknik ini juga dikenal sebagai fluizidation. Saat udara bergerak di antara butiran-butiran pasir, ia mengurangi gesekan di antara pasir, sehingga menimbulkan efek bergelombang. Kita bahkn dapat mencelupkan tangan dan menenggelamkan benda-benda selayaknya di dalam air.

Yang jelas tidak sembarang pasir bisa diberi efek ini. Pasir yang terlalu padat mungkin tidak bisa mendapatkan dorongan udara. Bayangkan jika eksperimen ini dilakukan dalam skala yang luas? Bayangkan jika Anda sedang berjalan di atas pasir, tiba-tiba pasir berubah mejadi air dan Anda langsung tenggelam di dalamnya. Whew, apa jadinya jika mata kelilipan dan juga kerusakan paru-paru karena harus menelan pasir dalam jumlah banyak.

Bagikan tulisan ini

Tulisan yang berkaitan

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube