Beranda » Sci-Tech »

Cina, Negara Ketiga yang Mendaratkan Pesawat ke Bulan

Sudah resmi, Cina merupakan negara ketiga yang berhasil mendaratkan pesawat luar angkasanya ke bulan pada Sabtu kemarin (14 Desember 2013) pukul 8.13 waktu setempat.

Adalah Chang’e 3, pesawat bertenaga matahari yang berhasil didaratkan di permukaan bulan, tepatnya di wilayah Bay of Rainbows, daerah sebelah utara permukaan bulan.

Pesawat Chang’e 3 dilengkapi dengan kamera, tangan robot, radar, dan berbagai perlengkapan ilmiah. Rencananya, pesawat Chang’e akan berdiam selama tiga bulan menjelajah dan menganalisis permukaan bulan. Untuk penjelajahan, sebuah rover kecil beroda tiga bernama Yutu siap dikendalikan dari jarak jauh.

Proses pendaratan berlangsung lancar, dengan waktu 12 menit untuk perjalanan dari orbit bulan ke bagian permukaan dengan sistem autopilot. Pesawat ini sendiri telah diluncurkan dari bumi pada 2 Desember lalu.

Berikut ini infografis (space.com) seputar pesawat moon rover yang berhasil didaratkan oleh Cina tersebut

china chang'e moon rover

Baca lebih lanjut:
http://www.space.com/23968-china-moon-rover-historic-lunar-landing.html

Tags:

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube