Beranda » Internet » Security »

Cari Tahu Apakah Password Akun Anda Bocor di Situs “Have I Been Pwned”

Sebagaimana kita ketahui bersama beberapa waktu yang lalu, banyak situs yang memiliki nama besar sempat dijebol oleh cracker.

Di tahun 2013 saja, situs Apple developer dan Adobe Creative Cloud berhasil dibobol. Di tahun sebelumnya, ada Yahoo dan LinkedIn yang databasenya berhasil diintip oleh sang hacker.

Apa resikonya jika hacker berhasil mencapai database suatu website? Situs besar biasanya banyak member bernaung, dan itu berarti mungkin saja data-data para anggotanya yang mendaftar berhasil diterima oleh sang Cracker.

Database tentunya memuat detail registrasi para anggotanya, termasuk di antaranya data sensitif berupa password dan nomor rekening. Beberapa cracker bahkan membagikan database website yang telah mereka bobol tersebut di forum-forum secara terbuka. Apa jadinya jika ada email Anda beserta passwordnya diumbar ke publik oleh sang hacker?

pwned

Ada sebuah situs yang dapat memberitahu Anda apakah data akun Anda bocor ke publik. Have I Been Pwned (haveibeenpwned.com) merupakan website yang memiliki pangkalan data berbagai database yang berhasil dibobol dan dipublikasikan di internet. Cukup masukkan email Anda dan tekan tombol [pwnd?], selanjutnya situs tersebut akan memberitahu apakah akun Anda telah dibobol atau belum.

Tags:

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube