Beranda » FOSS » Hardware »

Canonical Target 5 Persen PC Gunakan Ubuntu 2013

Tahun lalu, CEO Canonical, Mark Shuttleworth, mengumumkan tujuan yang cukup ambisius bagi perusahan pengembang Ubuntu Linux tersebut. Tahun 2015, Canonical menginginkan agar 200 juta orang menggunakan Ubuntu sebagai sistem operasi di PC atau tablet milik mereka. Ubuntu sendiri merupakan sistem operasi gratis yang telah lama dikenal sebagai distro Linux terpopuler.

Untuk mendukung ambisinya, Canonical berharap dapat menggandeng manufaktur PC agar mau memasang Ubuntu sebagai OS pre-install pada tiap PC yang dijual. Di tahun 2011 sendiri, wakil bidang pemasaran, Chris Kenyon memaparkan bahwa Ubuntu telah dipasang sebagai sistem operasi di angka 8 sampai 10 juta sistem PC. Angka ini diharapkan bertambah menjadi 18 juta, atau sekitar 5% dari seluruh penjualan PC di seluruh dunia.

ubuntu dell pc

Di China, Ubuntu berhasil melobi lebih dari 200 toko Dell untuk memasang Ubuntu sebagai sistem operasi dengan para marketer yang menawarkan berbagai kelebihan sistem Ubuntu. Ubuntu tidak hanya berekspansi pada platform PC. Saat ini mereka masih dalam penggarapan Ubuntu untuk TV dan perangkat ponsel cerdas.

Bacaan lebih lanjut:

  1. More at Phoronix

 

Tags:

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube