Beranda » FOSS » Internet » Software »

Boot to Gecko, Sistem Operasi Mobile dari Mozilla Firefox

Tahun lalu Mozilla telah meluncurkan proyek Boot to Gecko (B2G) yang direncanakan akan menjadi sistem operasi baru bagi ponsel cerdas dan tablet, serta perangkat mobile lainnya. B2G dibangun menggunakan teknologi standar web, seperti Javascript, CSS, dan HTML5. proyek ini terlihat semakin matang, terlihat dari kerja sama Firefox dengan LG untuk membuat handset yang memang difokuskan pada pengembangan perangkat mobile. Pada event Mobile World Congress (MWC) yang berlangsung akan berlangsung beberapa hari lagi, Mozilla berencana memamerkan prototipe OS B2G.

b2g

Nama Gecko merupakan software yang menjadi inti program dari perambah Mozilla Firefox dalam merender halaman-halaman web. Pada bagian dasar, B2G menggunakan Kernel Linux dan fitur low-level lainnya sebagai tempat B2G berjalan. Di sini B2G menggunakan web API yang memungkinkan teknologi web standar (javascript, HTML, dan CSS) bekerjasama dengan hardware. Tentunya berbeda dengan Android atau iOS yang menggunakan interface milik bahasa mereka sendiri. B2G akan memungkinkan para vendor mengembangkan interface menggunakan platform web pada umumnya.

Berikut ini video demo dari sistem operasi mobile dari Mozilla ini

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube