Beranda » Security » Software »

Beberapa Tips untuk Melindungi Android dari Malware

Semua orang tahu kalau Android menggunakan platform pengembangan yang terbuka (open source).

Berbasis kernel Linux dengan modifikasi besar-besaran dikombinasikan dengan platform Java yang sudah dikustomisasi, Android menjadi sistem operasi (OS) favorit bagi tiap produsen device smartphone.

Sayangnya platform pengembangan yang terbuka itu rentan dimanfaatkan oleh orang jahat untuk sekedar iseng, atau bahkan kegiatan serius mencari uang. Namun Anda tidak perlu khawatir, Android tetap merupakan sistem operasi yang aman selama Anda mengikuti mekanisme Android itu sendiri.

android-malware

Berikut ini beberapa tips untuk melindungi Android Anda dari malware.

  1. Gunakan Market Aplikasi yang Terpercaya.
    Google Play merupakan market resmi untuk berbagai aplikasi Android. Ia memiliki fasilitas scanner antimalware sehingga aplikasi di dalamnya dapat dijamin keamanannya. Jika Anda tidak ingin terlalu terikat dengan Google, gunakan market lain dari vendor yang terpercaya, semisal Amazon dan Samsung store.
  2. Waspadai Aplikasi Mencurigakan.
    Aplikasi mencurigakan banyak tersebar di internet. Ciri aplikasi mencurigakan seperti ini adalah rating yang rendah serta testimonial yang buruk. Anda tentunya pernah ingat aplikas BBM palsu yang pada intinya hanya memberikan iklan dan layanan palsu.
  3. Hati-hati dengan Aplikasi Bajakan.
    Anda mungkin saja menikmati aplikasi secara gratis dan menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Tetapi, Anda mungkin saja tidak tahu apa yang mereka monitor tanpa sepengetahuan Anda di belakang. Jadi, hati-hati ketika berurusan dengan aplikasi seperti ini.
  4. Konfigurasi: Verifikasi Aplikasi.
    Ketika melakukan proses instalasi aplikasi berjenis APK, Google menyediakan fitur bawaan untuk melakukan verifikasi terhadap aplikas yang Anda peroleh tersebut. Lakukan verifikasi untuk memastikan bahwa aplikas tersebut tidak diboncengi oleh malware lain.
  5. Lakukan Pembaruan.
    Pastikan handheld Anda memperoleh pembaruan, baik itu driver maupun inti dari OS sendiri. Jika Anda tipikal pengguna yang rajin mengotak-atik, beberapa komunitas terkadang rajin membuat ROM unofficial yang berisi pembaruan terkini Android.
  6. Gunakan Software Antimalware.
    Ada banyak penyedia program antimalware untuk Android dan semuanya memiliki pengalaman yang cukup di bidangnya. Beberapa nama besar yang cukup familiar adalah Avast, AVG, dan Kaspersky. Mereka menyediakan perlindungan gratis atau berbayar untuk fitur yang lebih kompleks.

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube