Beranda » Hardware »

Beberapa Teknologi “Jadul” yang Masih Relevan di Indonesia

Teknologi kian berkembang cepat dan pemanfaatannya semakin marak di berbagai bidang. Kemudahan yang ditawarkan tentunya membuat orang tertarik untuk menggunakan teknologi tersebut.

Teknologi jadul (sudah ketinggalan zaman) terpaksa diasingkan, memenuhi pojok-pojok ruangan rumah Anda. Menunggu diselimuti debu dan rusak termakan waktu.

teknologi jadul

Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa teknologi “jadul” yang masih relevan di Indonesia. Bukan karena tidak tertarik ingin mencoba atau punya perspektif kuno, tapi memang situasi di negara kita yang masih seperti itu.

Berikut ini beberapa teknologi jadul yang masih layak diimplementasikan di Indonesia.

  1. Personal computer/laptop
    Orang banyak beranggapan bahwa sekarang merupakan era post-PC, di mana mobilitas dan kepraktisan merupakan elemen utama yang diperlukan. Tapi, tampaknya hal tersebut belum tepat jika diimplementasikan di Indonesia.
    Masyarakat di daerah pedalaman jelas masih sangat membutuhkan teknologi PC, dan sangat sayang jika pengenalan terhadap PC/laptop dikesampingkan demi mengejar trend industri gadget global, semisal tablet atau smartphone.
  2. Floppy disk (disket)
    Harga eceran paling mahal mungkin hanya Rp5000, namun faedah yang dimanfaatkannya banyak. Melalui disket, pengguna awal dapat diperkenalkan istilah penyimpanan portable dan disk drive (biasanya A: pada OS Windows). Sangat berguna bagi sekolah-sekolah di pedalaman ketimbang mereka harus membeli flashdisk seharga 60 ribu rupiah.
  3. Monitor CRT
    Layar LCD dan LED dengan rancangan super slim menampilkan kesan elegan dan modern. Namun mengingat masih banyaknya wiraswasta servis TV yang tersebar mengadopsi teknologi layar tabung (katoda), ketersediaan part bejibun dan teknik “kanibal” untuk monitor CRT membuat monitor jenis ini masih layak diberdayakan.
  4. Optical Disk
    Keterbatasan bandwidth dan koneksi internet yang mahal dan terbatas tentunya menjadi alasan tersendiri mengapa penyimpanan cakram ini masih layak digunakan. Dari pada Anda harus mendownload file berukuran 4GB dari internet, sebaiknya Anda menyalin file tersebut ke dalam perangkat cakram DVD kosong. Walau rentan rusak akibat goresan, harganya jauh lebih murah dari Flashdisk berukuran 4GB.

Apakah Anda ingin menambahkan? Silakan tinggalkan komentar Anda.

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube