Beranda » Biz-Startup » Internet »

Beberapa Software Penunjang Kantor Virtual

Harga tanah di kota-kota besar semakin mahal belakangan. Hal ini berdampak pada mahalnya biaya yang dibutuhkan, belum lagi izin serta birokrasi pengurusan tempat dan usaha yang semakin rumit.

Hambatan tidak hanya di persoalan tempat dan ruang, padatnya jalanan (macet) saat ini merupakan momok yang akan mengganggu produktifitas usaha Anda. Sehari-hari orang menghabiskan waktu empat jam di jalan hanya karena macet.

Seiring menjamurnya penggunaan teknologi informasi, ada alternatif yang cukup menarik buat Anda. Alternatif ini juga sangat pas untuk bidang kerja dengan anggota tim yang tidak terlalu banyak, yakni bekerja secara remote.

remote-work

Yahoo pernah mempergunakan hal ini, sebelum akhirnya CEO yang baru menghapus kebijakan ini. Yang jelas, pengelolaan karyawan model fisik dan remote jelas berbeda dan tidak bisa disamakan.

Berikut ini kami sampaikan beberapa tools yang dapat menunjang kegiatan Anda yang bekerja secara remote

  1. Internet Messenger, layanan Yahoo messenger merupakan pionir untuk komunikasi seketika (instant) via teks. YM juga terintegrasi dengan layanan video chat. Alternatif lain, Anda dapat mencoba Google Talk.
  2. Konferensi Video, Skype dapat Anda gunakan untuk saling berkomunikasi via video. Alternatif lain Anda juga dapat menggunakan Yahoo Messenger atau Google Hangout.
  3. Remote desktop, TeamViewer dapat Anda gunakan untuk mengendalikan PC member lain dari jarak jauh. Untuk berbagai program lain, Anda dapat lihat komparasinya di sini.
  4. Aplikasi Perkantoran, Google Docs (terintegrasi dengan Google Drive) dapat Anda gunakan untuk mengolah berbagai dokumen perkantoran, seperti word, presentasi, dan spreadsheet. Aplikasi ini juga mendukung pengerjaan secara kolaborasi.
  5. Berkirim Surat, banyak penyedia webmail yang mendukung attachment super besar (Yahoo-Gmail-Outlook). Problemnya kembali kepada kesanggupan koneksi internet Anda.
  6. Penyimpanan online, Dropbox dapat Anda gunakan untuk menyimpan file dan membaginya ke tim kerja Anda. Namun disarankan tidak menjadikannya sarana bertugar gambar karena Dropbox secara otomatis mengompres gambar sehingga kualitasnya akan terdegradasi. Alternatif lain, Anda dapat menggunakan Box atau Google Drive.
  7. Diskusi komunitas skala besar, Gunakan layanan web group dari Yahoo Groups atau Google Groups. Alternatif lain, Anda dapat juga menggunakan Fan Page dari Facebook.
  8. Manajemen proyek, Anda dapat menggunakan Teambox untuk time schedule serta pembagian task ke para anggota member, gratis untuk 5 orang yang bekerja secara kolaborasi. Alternatif lain adalah Zoho yang juga gratis untuk member kecil.

Hebatnya lagi, semua tools yang telah saya sebutkan di atas tersebut dapat Anda gunakan secara gratis. Jadi, seharusnya tidak ada alasan lagi untuk menunda produktifitas Anda ketika bekerja. Tools sudah tersedia, tinggal bagaimana tim Anda memanfaatkannya. Jangan lupa, bekerja secara remote juga membutuhkan komitmen. Hal ini juga kembali kepada sumber daya manusia tim Anda.

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube