Beranda » Biz-Startup »

Beberapa Cara untuk Mencari Uang di Internet

Mencari uang di internet bukanlah mitos, itulah yang sering digembar-gemborkan oleh para internet marketer. Ketika Anda mendengarnya, mungkin Anda mengira kalau itu hanya bualan atau omongan janji surga semata.

Mana mungkin, tinggal ongkang-ongkang kaki saja, tahu-tahu uang masuk otomatis ke rekening Anda. Ini lebih nyaman dari juragan kost yang tiap bulan tinggal terima uang bayaran saja dari para penyewa.

Tapi kenyataannya memang seperti itu. Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari internet, dan semuanya bukan omong kosong. Tetapi, semuanya tergantung kembali kepada bagaimana kerja keras Anda di dunia maya.

money-from-internet

Berikut ini kami paparkan beberapa cara untuk memperoleh uang dari internet. Semua dilakukan hanya dengan modal dengkul, kecuali biaya untuk membayar koneksi internet Anda.

  1. Menjual jasa
    Jika Anda memiliki keahlian, seperti desain grafis, pemrograman, dan olah statistik, Anda dapat mempromosikan jasa Anda lewat internet.
  2. Menjual produk
    Anda punya produk untuk dijual, seperti kerajinan rotan, atau aksesoris buatan tangan? Anda dapat memanfaatkan internet untuk menjual barang yang Anda produksi.
  3. Memasang iklan
    Ada banyak perusahaan penyedia jasa pemasangan iklan di situs/blog, seperti Google Adsense dan IdBlogNetwork. Setelah mendaftar, Anda dapat memasang kode iklan untuk dipasang di situs Anda. Keuntungan diperoleh dari jumlah klik.
  4. Ikut program afiliasi
    Program afiliasi ialah menjual produk milik orang lain, dan Anda mendapat komisi dari hasil penjualan produk tersebut. Beberapa produk afiliasi biasanya e-book, obat herbal, dan lain sebagainya.
  5. Menjadi reseller
    Reseller membeli produk dari orang lain (biasanya agen/produsen) dengan harga yang lebih murah dari pasaran, kemudian Anda menjualnya ke orang lain.
  6. Menjadi dropshipper
    Hampir sama dengan reseller, bedanya Anda tidak membeli barang. Anda cukup menjadi perantara dan sang agen yang akan melakukan proses pengiriman barang. Tentunya setelah Anda membayar barang yang sudah dipesan oleh si pembeli kepada agen.

Ada beberapa sarana di internet yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan situs Anda. Namun hati-hati, mempromosikan secara keterlaluan dapat menyebabkan Anda dianggap sebagai spammer. Promosilah kepada orang yang tepat dan membutuhkan, serta di tempat yang memang telah disediakan.

Berikut ini sarana promosi yang ada di internet.

  1. Forum
    Forum merupakan sarana yang efektif untuk melakukan promosi karena pengunjung website yang cukup banyak. Biasanya mereka menyediakan thread khusus untuk jual beli. Tinggal mendaftar dan mulailah melakukan promosi. Namun perlu diperhatikan, jika Anda sembarang memposting hal yang dijual, bisa saja status keanggotaan forum Anda dihapus oleh admin/moderator forum.
  2. Mendaftar ke website jual beli
    Ada beberapa website yang memang menyediakan fasilitas bagi Anda untuk jual-beli. Tinggal mendaftar, selanjutnya Anda tinggal membuka lapak online milik Anda sendiri. Biasanya situs penyedia jasa jual-beli memberi charge untuk tiap transaksi karena mereka menjadi mediator transaksi.
  3. Sosial media
    Sering bagikan konten milik Anda di situs jejaring sosial. Karakteristik dari jejaring sosial adalah sifatnya yang berantai, tergantung siapa yang membagikan. Jika bukan teman Anda yang tertarik, siapa tahu saja temannya dari teman Anda yang tertarik. Hati-hati dengan cara Anda promosi, jika banyak orang yang tidak suka, bisa saja akun Anda dilaporkan atas tindakan spam.
  4. Situs pribadi
    Situs pribadi dapat digunakan untuk memajang lapak Anda. Bisa saja Anda mendaftar layanan gratis di Blogspot atau WordPress dan langsung mengkonfigurasinya secara visual (berbasis point and click). Namun, situs jenis ini biasanya terkendala dengan sepinya pengunjung yang datang. Anda dapat mengkombinasikan penggunaan situs di forum atau jejaring sosial untuk mempromosikan situs Anda.
  5. Email
    Anda dapat mengirim email mengenai berbagai penawaran. Namun perlu diingat, penawaran kepada orang yang salah dan membabi-buta dapat menyebabkan orang menandai Anda sebagai spammer. Kalau sudah begini, kredibilitas Anda akan dipersoalkan dan orang menjadi tidak tertarik.

Sebagai penutup, tips di atas sangat umum. Anda dapat belajar dari para pelaku internet marketer. Saran kami, jadilah orang bijak dengan tidak “menyampah” di dunia maya. Terkadang, kegiatan yang Anda lakukan dapat saja menyusahkan orang banyak, seperti IP negara tertentu yang diblacklist oleh penyedia jasa dari luar negeri.

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube