Beranda » Hardware » People »

Baterai Meledak karena Digigit untuk Membuktikan Keaslian

Memang sulit menentukan keaslian suatu barang, apalagi semenjak kita tidak memiliki keahlian di bidang tersebut. Klaim kapasitas dan bahan kimia hanyalah kata-kata yang dicetak pada kemasan, bukan sesuatu yang dapat dievaluasi oleh pembeli sebelum membeli produk. Situasi pun semakin sulit ketika negara tempat Anda tinggal dibanjiri produk-produk dari Cina, yang memang terkenal murah namun juga dengan barang bajakannya.

Tapi tolong demi apapun, jangan sekali-kali Anda menggigit baterai hanya untuk mengecek apakah baterai tersebut asli atau bukan. Hal ini benar-benar terjadi di Cina (19 januari 2018) ketika seseorang berencana membeli baterai untuk ponsel iPhone-nya. Walhasil, baterai tersebut meledak setelah ia gigit. kejadian unik tersebut berhasil ditangkap CCTV di pusat pertokoan di Cina.

Baterai lithium-ion akan meledak saat tertusuk (dalam hal ini gigi). Pemisah antara anoda dan katoda di dalam baterai terbuka sehingga dua lempengan tersebut menempel. Lapisan pemisah ini sangat penting untuk fungsi baterai. Jika rusak, baterai akan mengalami sirkuit pendek (dalam video di atas terlihat kalau baterai meledak).

Sumber:
https://www.taiwannews.com.tw/en/news/3347960

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube