Beranda » FOSS »

Barcelona Siap Beralih ke Sistem Operasi Open Source

Kota administrasi Barcelona sedang menyiapkan roadmap migrasi penggunaan berbagai produk Microsoft menuju perangkat lunak Open Source Linux. Hal ini sebagaimana dilaporkan oleh koran lokal Spanyol, El País, yang menyatakan bahwa kota Barcelona akan mengganti berbagai aplikasi administrasi yang selama ini digunakan dengan distribusi Linux.

Barcelona akan mengalokasikan 70% budget perangkat lunak sebelumnya ke sektor perangkat lunak berlisensi open source dalam beberapa transisi ke depan. Untuk periode transisi, menurut Francesca Bria (Komisioner Teknologi dan Inovasi Digital Kota Barcelona), akan selesai sebelum pemerintahan berakhir pada musim semi 2019.

Agar hal ini dapat tercapai, Kota Administrasi Barcelona akan mulai mengalihkan berbagai proyek TI ke perusahaan kecil dan menengah setempat (talent lokal). Mereka juga akan menerima 65 pengembang baru untuk membangun program perangkat lunak agar dapat memenuhi kebutuhan spesifik mereka.

Mungkin saja Ubuntu akan digunakan sebagai distro pilihan karena Ubuntu sudah digunakan sebelumnya dalam proyek percontohan “1000 desktop” di Barcelona. Laporan berita juga mengungkapkan bahwa klien surel Outlook dan Exchange Server akan diganti dengan Open-Xchange. Untuk peramban, Firefox dan LibreOffice akan menggantikan Internet Explorer dan Microsoft Office.

Bacaan lebih lanjut:

  1. El País (Bahasa Spanyol)
  2. Open Source Observatory

Beri Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #whatsapp #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube