Beranda » Edu-Tech » How To »

Bagaimana Cara Astronot Mencuci Tangan di Angkasa?

Pernahkah Anda melihat astronot di luar angkasa? Ya, di sana merupakan wilayah gravitasi nol, di mana berat badan kita menjadi tidak berarti dan bahkan Anda dapat melayang-layang di atas udara. Astronot Amerika dulu tidak bisa menggunakan pulpen biasa untuk menulis kertas, karena tinta tidak bisa mengalir ke medium kertas karena tidak adanya gravitasi tadi.

NASA akhirnya melakukan riset disertai pendanaan yang tidak sedikit untuk membuat pulpen yang bisa dipakai menulis di luar angkasa. Hebatnya, ilmuwan Rusia menggunakan cara instant dengan lebih memilih pensil sebagai alat tulis. Walau bagaimanapun, hasil penelitian NASA tidak sia-sia karena karbon dalam pensil dapat berbahaya jika terburai masuk ke mata.

Anda juga dapat membuat sendiri simulasi dengan cara menulis kertas di dinding dengan posisi bagian belakang pulpen mengarah ke bawah. Tinta perlahan tidak keluar karena tidak dapat mengalir ke ujung pulpen. Pertanyaan lain yang mungkin muncul seputar gravitasi nol ini adalah, bagaimana para astronom mencuci tangan secara higienis di luar angkasa?

Ada baiknya Anda melihat video jawabannya di atas. Salah seorang anak bertanya kepada Kepala Stasiun Luar Angkasa Chris Hadfield, mengenai higienitas dan Chris menunjukkannya caranya dalam video di atas. Semenjak air tidak bisa mengalir serta penggunaan sabun akan membuang banyak air, tentunya ada cara tersendiri bagi para astronom untuk mencuci tangan.

Dalam video tersebut kita dapat mengetahui bahwa mereka dibekali dengan kantung air khusus bernama No Rinse Body Bath yang hanya memerlukan tambahan 2 ons air dingin dan 6 ons air panas. Ketika bercampur, mereka menjadi sabun pembersih yang higienis dan tidak memerlukan air tambahan untuk membilas karena dapat langsung dibersihkan dengan handuk kering.

Beri Tanggapan

#ads #AMD #Android #Apple #Blackberry #browser #Chrome #cloud #dropbox #end of life #Facebook #facebook timeline #firefox #FOSS #GNU/Linux #Google #Google-Plus #green technology #hacked #IE #IM #instagram #Intel #iOS #iPhone #iPhone 5 #LG #malware #Metro #Microsoft #mobile-site #Motorola #Nokia #Samsung #Samsung Galaxy #skype #Sony #SOPA #SSD #statistik2011 #storage #tablet #Twitter #Ubuntu #ultrabook #Windows #Windows8 #WindowsPhone #WordPress #youtube